Minggu, 15 Mei 2022

Kejenuhan Dan Kendala pembelajaran online pada anak dan orangtua

 Syarat Mengikuti Ujian Mid Semester Ganjil (4)

Nama : Wening Rahmawati

Nim   : 20310410003

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan


                                                           Dosen Pengampu Dr. Arundati Shinta, M. A
                                        



    Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Saat ini, pandemi Covid-19 menjadi salah satu krisis kesehatan utama bagi setiap individu dari semua bangsa, benua, ras, dan kelompok sosial ekonomi. Kondisi kesehatan masyarakat terkait penularan Covid-19 dibagi menjadi enam kelompok yaitu orang sehat, orang tanpa gejala, orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, orang yang positif Covid-19 (Kemenkes RI, 2020). Permasalahan Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi hampir di seluruh dunia dan mulai masuk di Indonesia sejak maret 2020 belum terselesaikan hingga sekarang. Pandemi ini memengaruhi berbagai sektor kehidupan diantaranya dalam bidang pendidikan seperti kendala dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat, kendala komunikasi orang tua dan guru serta kendala penggunaan teknologi dalam pembelajaran (Agustin et al. 2020).

PAUD merupakan salah satu jenjang pendidikan yang merasakan dampak penerapan kebijakan belajar di rumah. Proses belajar anak usia dini yang idealnya melalui bermain sambil belajar mengalami perubahan cukup signifikan. Kegiatan belajar anak yang selama ini berlangsung di sekolah beralih ke proses pendidikan di rumah. Pada hakikatnya anak usia dini merupakan masa keemasan. Pada rentang usia ini, anak berada pada proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Hal ini ditandai dengan kemampuan anak mengolah informasi ke long term memori secara tajam, keingintahuan yang besar, kemampuan untuk mengeksplor hal baru di lingkungan sekitar. Oleh karenanya, penting untuk memberikan stimulasi atau rangsangan pendidikan yang mampu mengoptimalkan tumbuh dan berkembangnya kemampuan anak sebagai bekal untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Anak usia dini belajar dengan cara mengamati kemudian mencontoh, melakukan eksperimen berulang kali sehingga anak dapat menemukan pembelajaran (discovery learning) dalam kegiatan bermain.

kejenuhan pun turut dirasakan oleh anak Pendidikan Usia Dini ( PAUD ) anak yang seharusnya senang dalam proses pembelajaran secara offlie pun turut merasakan dampaknya dimana anak sering mengeluhkan bosan karena harus bermain dan belajar dirumah selama hampir satu tahunan lebih. dimana anak yang diusia keemasannya lagi berada difase bermain, sambil belajar dan berkumpul dengan teman lainnya mulai merasakan bosan dan kejenuhan.
Kejenuhan dalam belajar dapat menyebabkan seseorang cepat marah, mudah terluka dan mudah frustasi (Hidayat 2016). Pemberian tugas yang terlalu banyak dan suasana belajar yang monoton cenderung mendorong sikap sinis dan apatis terhadap pelajaran dengan diberikan, kurang percaya diri dan rendahnya proses memahami pelajaran yang telah diterima (Arirahmanto dan Sutam 2016). Kejenuhan pembelajrang via online pun juga dirasakan oleh anak Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) selama masa pandemic covid 19 pembelajaran yang tadinya offline kini berganti menjadi pembelajarn online/daring. Rasa bosan saat pembelajaran online pun tidak hanya dirasakan oleh anak remaja saja tetapi anak paud juga merasakan hal yang sama seperti menunjukkan bahwa orang tua telah memiliki kesadaran lebih untuk mengatasi kejenuhan anak selama belajar di rumah. 
Hal tersebut terlihat dari berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi rasa bosan pada anak adalah mengajak anak untuk bermain di luar rumah serta mengajak anak rekreasi pada hari setelah anak melakukan aktivitas bermain anak akan kembali bersemangat dan siap untuk belajar kembali. Bermain dapat dilakukan di dalam dan di luar rumah dengan beragam cara. Kegiatan bermain di dalam rumah dapat dilakukan bersama anak dan orang tua sehingga akan membangun kedekatan fisik dan emosional diantara keduanya. Beberapa orang tua berinisiatif untuk membolehkan anak bermain di luar rumah dengan mengajak anak rekreasi atau mengunjungi tempat-tempat wisata seperti di pantai atau taman. Hal ini dianggap efektif oleh orangtua untuk menghilangkan kejenuhan selama berada di rumah karena dapat merilekskan pikiran. salah satu hal untuk mengatasi kejenuhan pada anak dengan mengajaknya bermain Kendala lain yang ditemui dalam proses belajar dari rumah adalah ketidakmampuan orang tua mendampingi anak secara maksimal belajar dari rumah disebabkan kelelahan yang dialami orang tua. Kelelahan tersebut dipengaruhi oleh multi peran orang tua sebagai pendidik, pembimbing, pengawas dan pengelola rumah agar rumah senantiasa tetap nyaman dan mendukung aktivitas anggota keluarganya selama belajar dari rumah (Kurniati, Nur Alfaeni, dan Andriani 2020). Di masa pandemi ini, kelelahan rentan dialami oleh orang tua yang dapat berakibat pada perubahan signifikan, karena orang tua yang kelelahan cenderung terlibat dalam penelataran anak (Griffith 2020).

penjelasan diatas adalah berbagai keluhan yang dialami anak dan orangtua saat masa pandemi covid 19 dan kejenuhan yang dialami anak pada proses pembelajaran daring ( online ) yang sudah berjalan hampir 2 tahun yang sebagian anak rasakan adalah bosan dan jenuh karena harus belajar via online setiap hari.


Referensi
 Ade Agusriani,Mohammad Fauziddin (2021) Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5.

Griffith, Annette K. 2020. “Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Family Violence

 Harri Santoso, Riazul Jannah,2021, Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1, No. 1, 1

Hidayat, Muhammad Yusuf. 2016. “Pengaruh Slow Learner Dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa Mts. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.” Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan

 Kemenkes RI. 2020. Info Corona virus 2020. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2020 pada laman https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-coronavirus/#.X7Nta3AzbIU














0 komentar:

Posting Komentar