Kamis, 12 Mei 2022

 

 

Essay Persyaratan Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Qho’issul Saufus Salfwa (20310410057)

Psikologi B

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta., M.A.

 

 

Tahukah Anda Mengenai Learned Helplessness?

 


 

Learned helplessness merupakan sebuat wujud ketidakberdayaan ketika telah melakukan sesuatu dan akhirnya mempercayai bahwa hak tersebut tidak dapat diubah. Misalnya, seorang perokok mungkin berulang kali mencoba dan gagal untuk berhenti. Dia mungkin menjadi frustrasi dan menjadi percaya bahwa tidak ada yang dia lakukan akan membantu, dan karena itu dia berhenti mencoba sama sekali. Persepsi bahwa seseorang tidak dapat mengendalikan situasi pada dasarnya memunculkan respons pasif terhadap bahaya yang terjadi sehingga individu yang mengalami learned helplessness seringkali kurang mampu membuat keputusan.

Tanda Tanda Learned Helplessness

Learned helplessness merupakan kondisi yang dapat dialami semua kategori usia, termasuk anak-anak. Beberapa tanda learned helplessness antara lain:

·       Pasif

·       Rendah motivasi

·       Mudah menyerah

·       Kurangnya usaha

·       Menunda-nunda pekerjaan

·       Rendah harapan untuk sukses

·       Kurangnya ketekunan dalam melakukan tugas

·       Pasrah dan tidak meminta bantuan orang lain ketika kesulitan

·       Frustrasi


Pengaruh Learned Helplessness Terhadap Kesehatan Mental

 

Beberapa gangguan mental yang bisa diperburuk oleh kondisi ini, seperti depresi, kecemasan, fobia, rasa malu, dan  kesepian. Misalnya, seseorang yang menderita  kecemasan atau depresi dapat menolak pengobatan atau pengobatan untuk meredakan gejala.  Hal ini terjadi karena mereka putus asa untuk  sembuh dan sembuh dari penyakit yang mereka alami. Jika mereka tidak diperlakukan sebagaimana mestinya, masalah kesehatan mental yang mereka derita akan semakin parah. Tidak hanya berdampak  psikologis, tetapi juga mengganggu kondisi fisik Anda.

 

Cara Mengatasi Learned Helplessness

·       Identifikasi pikiran negatif yang menyebabkan ketidakberdayaan yang dipelajari

·       Identifikasi perilaku negatif yang menyebabkan ketidakberdayaan yang dipelajari

·       Mengembangkan cara untuk mengurangi perasaan tidak berdaya saat menghadapi trauma

·       Mengubah pola  dan perilaku berpikir negatif dengan cara yang positif dan bermanfaat

·       Meningkatkan harga diri

·       Tantang emosi negatif yang dihasilkan dari ketidakberdayaan yang dipelajari

·       Mengatasi luka  akibat trauma

·       Tetapkan tanggung jawab dan tujuan

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Abramson, L. Y., Seligman, M. E., & Teasdale, J. D. (1978). Learned helplessness in humans: Critique and reformulation. Journal of Abnormal Psychology.

Afzal, H., Ali,I., Khan, M.A. & Hamid, K.(2010). A study of university students’ mitivationand its relationship with their academic performance. International Journal of Business and Management, vol. 5(4), pp. 80-88.

Almuammria, M. (2015). The impact of the environment in enhancing the academic achievement of students. Scientific Library, Beirut p13.

Al-Zoubi, S. M., & Younes, M. A. (2015). Low academic achievement: Causes and results . Theory and Practice in Language Studies, Vol. 5.

Ames, C. & Archer, J. (1988). Achievement in the classroom: Student’s learning strategies and motivation processes. Journal of educational psychology, 80, 3, 260-267

Aremu, A &. Sokan, B. (2003). A multi-causal Evaluation of Academic Performance of Nigerian Learners: Issues and Implications for National Development. Department of Guidance and Counseling, University of Ibadan.

Audley-Piotrowski, S., Hsuech, Y., & Cohen, R. (2008). Respect in the classroom: A developmental approach.

Aydoğan, H. (2016). A psycholinguistics case study: The relations of learned helplessness, locus of Control, and attitudes towards english with academic success. Journal of the Faculty of Educatio

 

0 komentar:

Posting Komentar