Kamis, 04 Mei 2023

Essay 2: MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA. INDRIYANI

 

ESSAY 2:

MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA TENTANG SEORANG ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN ANTISOSIAL

 

THE BAD SEED

PSIKOLOGI SOSIAL

INDRIYANI

22310410035

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Topik

Seorang anak yang memiliki kelainan pada perilakunya yang tak sesuai dengan usianya.

 

Sumber

The Bad Seed

https://www.youtube.com/watch?v=R3Zgmc4Y2ps


Ringkasan

·       The Bad Seed mengisahkan tentang seorang anak perempuan berumur 9 tahun yang bernama Emma Grossman yang berperilaku tidak sesuai dengan usianya. Ia tinggal bersama dengan ayahnya, David Grossman. Sedangkan ibunya sudah meninggal saat melahirkannya. Emma memiliki seorang bibi yang sanagat saying padanya.

 ·       Emma adalah anak yang cerdas, ambisius, perfeksionis, dan selalu ingin mendapatkan apa yang dia inginkan. Namun kecerdasannya ia gunakan untuk melakukan kejahatan.

 ·       Dari luar, Emma tampak seperti anak kecil pada umumnya yang sangat normal, namun sikapnya seperti wanita dewasa, bahkan Ketika ia duduk pun ia akan menyilangkan kakinya. Emma memiliki sifat yang dingin dan sulit bergaul dengan teman-temannya bahkan ia tidak memiliki teman dan rasa takut.

 ·       Suatu hari di sekolah diadakan acara untuk memberikan penghargaan bagi murid terbaik, Emma sangat yakin bahwa dirinya lah yang akan memenangkan penghargaan tersebut, namun sayangnya medali pengahargaan tersebut tidak dimenangkan oleh Emma tetapi oleh temannya yang bernama Milo. Menurut Emma merasa sangat kesal, karena menurutnya Milo tidak pantas mendapatkan medali tersebut karena ia merasa Milo tidak lebih baik dari dirinya dan tidak sepintar dirinya.

 ·       Saat para guru dan orang tua sibuk berbincang-bincang, Emma mengajak Milo ke sebuah tebing curam yang memiliki pemandangan yang indah, tebing tersebut berada dekat dengan laut, dengan tatapan dingin, Emma langsung mendorong Milo ke lautan, setelah itu tanpa rasa bersalah Emma mengajak David untuk pulang. Lalu setelahnya suasana menjadi ramai karena teriakan dua orang anak yang melihat mayat Milo.

 ·       Karena David sibuk bekerja dan sebentar lagi liburan, ia berniat untuk memperkerjakan seorang pengasuh baru yang Bernama Chloe. Saat Emma mendatangi acara penghormatan terkahir Milo, ia berpura-pura menangis agar semua orang tidak menyadari bahwa ia yang telah membunuh Milo.

 ·       Saat sedang jalan-jalan bersama Chloe, Emma melihat gurunya, Mrs. Ellis sedang berada dirumah Milo. Emma tahu Mrs. Ellis masih meyelidiki kematian Milo. Karena merasa terancam Emma memasukkan sarang tawon ke dalam mobil gurunya itu, sehingga membuat gurunya kecelakaan saat sedang menyetir hingga meninggal dunia.

 ·       Chloe mengatakan bahwa ia dan David mempunyai perasaan suka satu sama lain, dan mengatakan kepada Emma bahwa bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi ibu tirinya. Karena merasa kesal, Emma merencankan sebuah pembunuhan sadis terhadap Chloe. Ia memancing Chloe masuk ke ruang kerja ayahnya dan menguncinya dari luar, setelah itu ia membakar ruangan tersebut dan menyaksikan Chloe yang mati terbakar.

 ·       David yang mendengar hal tersebut pun segera pulang kerumah karena mengahwatirkan Emma,dan mengetahui bahwa Chloe telah menginggal pada saat kebakaran tersebut. Malamnya saat sedang istirahat David bertanya kepada Emma mangapa orang-orang terdekat Emma meninggal secara mendadak, emma akhirnya mengungkapkan kejahatannya bahwa ia telah membunuh kucing, pengasuh lamanya, Milo, Mrs. Ellis dan juga Chloe. Emma mengatakan bahwa alasan ia membunuh mereka karena mereka telah membuat Emma kesal, dari hal tersebut David menyadari bahwa putrinya adalah seorang psikopat.

 ·       David yang sangat menyayangi Emma dan tidak ingin putrinya masuk penjara, akhirnya membawa Emma ke sebuah rumah di tepi danau untuk menghindari polisi. David menceritakan kepada Anggela bahwa Emma adalah seorang psikopat, tetapi Angela tidak percaya dan menganggap David sakit mental dan sedang banyak pikiran. Karena David tidak memiliki solusi lain David berencana akan membunuh Emma, sementara itu Emma juga curiga bahwa David akan membunuhnya. Ketika David sedang tidur Emma dengan sengaja menyalakan semua gas beracun dari kompor supaya David keracunan. Untungnya David segera menyadari hal tersebut. Ia melihat Emma berdiri di tepi danau dan menemuinya, David masih tidak percaya bahwa Emma ingin membunuhnya.

 

·       Saat malam hari sebelum tidur, David memberi obat tidur pada minuman Emma, tetapi malah sebaliknya, David yang meminum minuman tersebut karena Emma terlebih dahulu menukar minuman tersebut. Saat David tertidur, Emma berusaha untuk menembaknya, untungnya tembakannya meleset dan dan membuat David tersadar, lalu Emma mengambil ponsel dan membuat laporan palsu bahwa David yang akan membunuhnya. Emma bersandiwara seakan-akan David mau menembaknya saat seorang sheriff datang, akhirnya sheriff tersebut pun menembak David hingga meninggal. Setelah David menggial Emma pun dirawat oleh Angela. Pada akhir film tersebut memperlihatkan Emma yang tersenyum licik

 

Permasalahan

Pada Film tersebut tidak diceritakan mengapa Emma bisa memiliki sifat jahat seperti itu, pembunuhan-pembunuhan tersebut terjadi karena para korban membuat Emma merasa kesal.

 

Opini saya

·       Secara sederhana, psikopat sering didefinisikan sebagai gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri. Di antaranya perilaku antisosial, tidak memiliki empati, dan tindakannya berani sampai tak terkendali. Ciri psikopat lainnya adalah tiadanya rasa sesal jika melakukan kesalahan, termasuk melakukan tindakan kriminal.

 

·       Penyebab pasti psikopat tidak dapat dbisa diidentifikasi secara tepat. Gangguan ini terjadi bisa karena kombinasi genetic atau trauma masa kecil. Entah itu karena keluarga yang tidak harmonis, pelecehan dan pembulian sewaktu kecil.

 

·       Sebaiknya orang tua selalu mengawasi perilaku anak-anaknya, jika melihat ada yang aneh pada perilaku mereka ada baiknya jika di konsultasikan dengan ahlinya.

 

0 komentar:

Posting Komentar