Rabu, 25 Oktober 2023

Essay 2 Melakukan Kegiatan Plogging_ChonyBabys_23310420002


Tugas Psikologi Lingkungan

Essay 2 Melakukan Kegiatan Plogging

Chony Babys

23310420002

Dosen pengampu : Dr.,Dra Arundi Shinta,MA


Kegiatan

Melakukan Plogging

Sumber

Smith, John. (2020). "Plogging: Combining Fitness and Environmental Responsibility." Environmental Health Magazine, 15(3), 45-57.

Permasalahan

Plogging adalah kegiatan yang baik untuk lingkungan, tetapi seperti kegiatan lainnya, dalam kegiatan ini saya juga menghadapi beberapa permasalahan umum seperti;

  1. Sampah Berat. Salah satu permasalahan utama dalam kegiatan ini adalah beratnya sampah yang harus dibawa selama berlari atau berjalan. Ini menjadi beban fisik yang signifikan, terutama saat saya mengumpulkan sampah dalam jumlah besar
  2. Ketersediaan Tempat Sampah. Tidak selalu mudah menemukan tempat sampah di sepanjang rute plogging saya. Hal ini membuat saya harus membawa sampah lebih jauh sebelum dapat membuangnya.
  3. Perasaan Tidak Nyaman. Saya merasa kurang nyaman karena mengumpulkan sampah di depan umum. Ini dapat menjadi hambatan psikologis yang saya rasakan ketika melakukan kegiatan ini

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan Kesehatan. Plogging adalah kombinasi antara lari atau berjalan dengan mengumpulkan sampah. Hal ini meningkatkan aktivitas fisik dan membantu meningkatkan kebugaran fisik saya
  2. Membersihkan Lingkungan. Tujuan utama plogging adalah mengumpulkan sampah dan limbah plastik yang terbuang sembarangan di lingkungan sekitar, seperti di jalanan, taman, pantai, dan area publik lainnya. Dengan melakukan ini, kita membantu membersihkan lingkungan dan mencegah polusi.
  3. Membangun Kesadaran Lingkungan. Plogging juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sampah dan polusi plastik. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, kita dapat menjadi contoh yang baik dan mendorong orang lain untuk berpikir tentang dampak lingkungan dari perilaku mereka.

Isi Kegiatan

Persiapan

  • Menyiapkan alat plogging seperti sarung tangan, kantong sampah, dan  tongkat punggung atau alat untuk mengambil sampah.
  • Memilih rute jalan atau lari.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas fisik.

Mulai Berlari atau Berjalan

  • Saya mulai berjalan dan berlari sesuai dengan rute yang saya pilih dengan kecepatan dan intensitas yang sesuai dengan tingkat kebugaran saya.

Mengumpulkan Sampah

  • Saat berlari, saya memperhatikan sampah dan limbah plastik di sekitar.
  • Ketika melihat sampah,saya berhenti sebentar, ambil sampah tersebut, dan letakkan dalam kantong sampah yang saya bawa.
  • Saya menggunakan sarung tangan saat menyentuh sampah untuk menjaga kebersihan dan keamanan

Buang Sampah dengan Benar

  • Setelah mengumpulkan sampah, saya sempat mengambil foto untuk melampirkannya dalam tugas ini sebelum membuangnya di tempat sampah yang sesuai. Setelah membuang sampah, saya lanjut berlari dan berjalan sesuai dengan rencana.

Rencana kegiatan lanjutan

  1. Rutin Berpartisipasi. Untuk mencapai dampak yang lebih besar, saya mempertimbangkan untuk menjadikan plogging sebagai kegiatan rutin.
  2. Membangun Kesadaran Lingkungan. Karena plogging adalah kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama maka saya berniat untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk mengubah perilaku terkait dengan sampah.

Hasil Kegiatan

  1. Plogging adalah cara yang efektif untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan kesehatan sambil membangun kesadaran diri saya tentang pentingnya merawat lingkungan sekitar.
  2. Kegiatan plogging dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan pribadi kepada saya dan meningkatkan kualitas hidup saya.

Kesimpulan

Plogging bukan hanya kegiatan fisik, tetapi juga merupakan upaya nyata untuk melindungi planet kita dan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya merawat lingkungan alam yang kita tinggali.


 

0 komentar:

Posting Komentar