Jumat, 27 Oktober 2023

Essay III "Transformasi Kesadaran Lingkungan: Sebelum dan Sesudah Melakukan Kegiatan Membersihkan Sampah"Edwin Dwi Yuniarto

 

Transformasi Kesadaran Lingkungan: Sebelum dan Sesudah Melakukan Kegiatan Membersihkan Sampah

Psikologi Lingkungan Essay 3

Melakukan Kegiatan Before-After

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


                                                        Nama : Edwin Dwi Yuniarto

NIM : 21310410203

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Pada sore hari, sebelum pulang kerja saya mendapati lingkungan belakang rumah saya yang cukup kotor. Suasana itu sangat berbeda dari biasanya, karena hari ini saya memiliki misi khusus: membersihkan lingkungan rumah dan area sekitarnya dari sampah. Sebelum memulai aktivitas membersihkan sampah, mari kita merenungkan bagaimana kesadaran lingkungan berubah sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ini.

Sebelum saya memulai kegiatan,  kesadaran lingkungan terasa kurang intens. Saya sering melihat melewati lokasi tersebut tanpa memberi perhatian serius terhadap dampak lingkungan. Sampah yang berserakan di sekitar kami dianggap sebagai sesuatu yang sudah biasa. Plastik, botol bekas, tali rafia, dan berbagai jenis sampah lainnya telah menjadi "pemandangan biasa" yang menyebalkan, tetapi belum cukup menggerakkan hati kami untuk bertindak. Penting untuk menyadari bahwa kesadaran lingkungan tidak selalu muncul secara tiba-tiba. Dalam banyak kasus, ini adalah proses yang berangsur-angsur. Hari ini, kegiatan membersihkan sampah akan menjadi titik awal perubahan bagi kami.

Saat saya mulai membersihkan sampah disekitaran tempat kerja, awalnya saya merasa terganggu oleh jumlah sampah yang harus saya atasi. Daun-daun yang berserakan, kemasan makanan yang terbuang dengan sembarangan, dan aneka sampah lainnya dengan cepat. Namun, semakin lama saya melakukan kegiatan ini, semakin mendalam perubahan yang terjadi pada kami.

Selama proses membersihkan sampah, saya mulai sadar tentang dampak yang ditimbulkan oleh sampah ini. Kesadaran ini membuat saya sadar terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan semakin meningkat seiring dengan usaha fisik kami membersihkan sampah. Setelah beberapa jam membersihkan sampah, lingkungan yang semula penuh dengan sampah kini bersih dan indah. Tanggung jawab kami sebagai warga bumi benar-benar terasa. Kesadaran lingkungan kami berubah dari yang awalnya biasa menjadi sangat mendalam.

Saya merasa bahwa setiap tindakan kecil untuk membersihkan lingkungan memiliki dampak besar. Kemudian saya berkomitmen untuk tidak hanya membersihkan lingkungan ini sekali-sekali, tetapi juga untuk mengurangi penggunaan plastik sebanyak mungkin dalam kehidupan sehari-hari kami. Kami belajar bahwa mengubah pola pikir dan tindakan individu dapat menciptakan perubahan positif dalam melindungi lingkungan.

Kegiatan membersihkan sampah dilingkungan ini telah mengubah kesadaran saya secara signifikan. Apa yang semula di anggap sepele dan biasa, kini menjadi perhatian utama . Perubahan ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya melindungi lingkungan dan meminimalkan dampak negatif yang telah lama di abaikan.

Melalui pengalaman ini, kemudian saya menyadari bahwa setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan. Perubahan kesadaran yang di alami adalah bukti bahwa tindakan nyata dapat mengubah pandangan dan menginspirasi orang lain untuk ikut berkontribusi dalam melindungi planet ini. Dengan tindakan sederhana seperti membersihkan lingkungan, serta dapat merasakan transformasi kesadaran lingkungan yang mendalam dan menjadi bagian dari solusi untuk masalah lingkungan global. Jangan pernah meremehkan kekuatan perubahan yang dimulai dari diri sendiri, karena inilah awal dari perubahan yang lebih besar dalam melestarikan bumi kita.



0 komentar:

Posting Komentar