Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Anisa Nur Fitriani 21310410190 Psikologi SP

 

BEFORE – AFTER 

YUK JAGA KEBERSIHAN!

KARENA LINGKUNGAN YANG BERSIH JUGA BISA MEMBUAT KITA DAN ORANG LAIN DISEKITAR KITA NYAMAN LOH… 😊

Essay 3 

Psikologi Lingkungan

Anisa Nur Fitriani

21310410190

 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

            Kegiatan Before After yang saya lakukan di lingkungan umum adalah di tempat wisata di sepanjan jalan di Langenarjan di alun alun kidul dan yang kedua saya lakukan di Pantai Baru Bantul. Kegiatan ini saya lakukan untuk membersihkan tempat yang dimana lingkungan tersebut merupakan tempat wisata yang tidak jauh dari kunjungan wisata.

            Dari kegiatan ini saya bisa melihat bagaimana tempat yang kotor kemudian saya bersihkan itu menjadi tempat yang menurut saya sangat berbeda rasanya. Ketika banyak sampah yang ada ditempat saya merasa tidak nyaman duduk didaerah tersebut dan ketika sudah saya bersihkan saya bisa merasakan bahwa tempat pemandangan yang saya lihat dan tempat ketika saya duduki sangat berubah menjadi nyaman.

            Perlu kita sadari bahwa tempat yang bersih itu juga membuat psikologis kita juga merasa nyaman dan merasa baik sekali melihat situasinya dan juga tentu saja bisa membuat lingkungan bersih dan kita juga bisa sehat.

A.    Kegiatan Before After Di Alun – Alun

Pada kegiatan pertama yang saya lakukan bersama-sama teman kuliah (Alin, Deni, Fitra, Ekky, Inna, Rizky) . Pada kegiatan ini kami lakukan pada hari Sabtu, tanggal 21 september 2023 di jam pukul 18.45-20.00 di sepanjang jalan Langenarjan.

Pada kegiatan ini kami sempat dilihat oleh orang orang karena mengumpulkan sampah namun kami tetap melakukan kegiatan tersebut. Sampah yang kami ambil kebanyakan adalah botol bekas minuman, botol plastic dan ada beberapa sampah daun karena banyak ditempat itu daun daun yang sudah berguguran.

 

BEFORE


AFTER

 


Pada kegiatan ini sampah yang sudah terkumpul yaitu 2kg sampah botol kami jual ke pengepul majasem, prambanan di wakilkan oleh rekan teman kampus yaitu Inna dan mendapatkan uang sebesar Rp. 3.000,- dikarenakan perkilo dihitung Rp. 1.500,- dan mendapatkan uang Rp. 2.00,- untuk sampah jenis kresek.

  

B.    Kegiatan Before After di Pantai Baru

Pada kegiatan kedua yang saya lakukan ini di Pantai Baru daerah Bantul. Saya lakukan kegiatan ini pada tanggal 18 Oktober 2023. 

BEFORE

 AFTER 

          Pada kegiatan ini saya membersihkan daerah pinggir pantai. Walaupun ada beberapa pengunjung melihat saya merasa aneh hihi ^^

Saya mengambil beberapa jenis macam sampah yaitu ada bungkus pop mie, plastic plastic, ada sisa makanan dan beberapa sampah lainnya.

Saya ambil dan saya kumpulkan di beberapa kantong kresek yang sudah saya bawa. 

Setelah membersihkan saya merasa lingkungannya semakin baik di lihat dan saya merasa lebih nyaman untuk duduk atau berada di sekitar tempat tersebut. Kemudian sampah sampah yang sudah saya ambil saya masukkan ke tong sampah yang sudah di sediakan.

Saya memang tidak mengambil tujuan untuk menjual sampahnya dikarenakan memang tempatnya cukup jauh dengan rumah saya sehingga saya merasa cukup membersihkan dan saya masukkan ke tong sampah yang ada di pantai.

Saya melihat banyak tong sampah disana namun saya masih sedih dan heran melihat masih banyak sekali orang orang yang membuang sampah sembarangan.

 

Dari kegiatan Before After ini hal yang bisa saya ambil adalah ketika kita melihat lingkungan yang bersih maka kita bisa melakukan kegiatan dengan nyaman dan lebih enak untuk dilihat.

Dan disisi lain yang bisa saya rasakan adalah olahraga ringan dari mengambil sampah sampah ini karena membutuhkan tenaga dan effort yang sangat banyak karena kadang ada lalat yang berterbangan juga

Terima kasih semoga dengan hal ini kita semakin menyadari bahwa menjaga kebersihan itu sangatlah baik dan bisa memberikan dampak yang sangat amat positif untuk diri kita dan orang lain 😊

0 komentar:

Posting Komentar