Minggu, 29 Oktober 2023

Psi.Lingkungan : E3. Kegiatan Before-after (Aditya Nur Ihsan_22310410133)

 

Transformasi Lingkungan Rumah: Meningkatkan Lingkungan dan Kesadaran Lingkungan

Essai-3

Aditya Nur Ihsan

NIM: 22310410133

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Saat malam tiba di tempat bermain ping pong, tanggal 21 September 2023, pukul 21:00 malam, saya memulai membersihkan tempat ping pong. Sebuah misi yang mengajarkan saya tentang kekuatan tindakan kecil dalam memperbaiki dunia di sekitar kita. Dengan sarung tangan dan semangat yang membara, saya melangkah masuk ke tempat bermain ping pong yang begitu akrab, tetapi kali ini dengan tujuan yang lebih besar. Saya memulai dengan menyisir dari sudut ke sudut, mengumpulkan jejak-jejak kecerobohan manusia dalam bentuk sampah yang berserakan. Saya merasa tanggung jawab untuk menciptakan perubahan nyata. Jam demi jam berlalu, dan tempat bermain ping pong berubah menjadi arena pertempuran pribadi saya melawan limbah. Meskipun waktu hanya 15 menit, namun semangat saya tidak pernah memudar. Saat tanganku bekerja, pikiranku melayang ke masa depan, di mana tempat ping pong ini akan bersinar dalam kebersihan dan ketertiban. Ketika lonceng berdenting menandakan berakhirnya pertarungan, saya merasa kemenangan.

 Before 1


                After 1

 

 



                                                          

Satu kantong besar sampah plastik, sekarang penuh dengan sisa-sisa tak diinginkan, adalah saksi bisu dari usaha keras ini. Angka 95% terlihat menunjukkan betapa besarnya masalah sampah plastik bekas makanan dan minuman di masyarakat kita. Itu adalah pengingat keras bahwa tindakan kecil kita, seperti memilih wadah makanan ramah lingkungan, bisa memiliki dampak besar pada lingkungan kita. Namun, tidak hanya sampah plastik yang terkumpul. Di antara tumpukan plastik, ada 10% sampah organik yang mengajarkan kita tentang keajaiban daur ulang dan kompos. Mereka mengingatkan kita bahwa setiap potongan buah yang terbuang adalah potensi pupuk yang terbuang. Namun perjalanan saya belum berakhir. Sampah-sampah ini tidak akan terbuang sia-sia. Mereka akan menemukan rumah baru di tempat pembuangan umum terdekat, di mana mereka akan mengalami transformasi lebih lanjut.          

Before  2

            After 2



 


 keesokan harinya, tanggal 22 September 2023, saya kembali beraksi untuk membersihkan kebun samping rumah, kali ini di lokasi yang berbeda. Meskipun hanya 1 kantong bagor yang terkumpul, dengan berat sekitar 3 kilogram, dampaknya adalah langkah kecil yang signifikan dalam mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan kami.

Jenis sampah yang terkumpul sebagian besar adalah sisa kemasan makanan dan minuman plastik. Hal ini mengingatkan saya akan pentingnya kesadaran konsumen dalam memilih produk yang ramah lingkungan. Membatasi penggunaan plastik sekali pakai adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi limbah plastik di tempat-tempat umum seperti kebun samping rumah ini.

Setelah selesai membersihkan, saya memastikan sampah yang terkumpul dibuang dengan benar di tempat pembuangan sampah umum. Tindakan ini menegaskan komitmen saya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Pembersihan kebun samping rumah pada tanggal 22 September 2023 memberikan pengalaman berharga, mengingatkan bahwa setiap usaha, sebesar apapun, memiliki dampak positif. Semoga kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam upaya meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai dan memelihara keindahan lingkungan sekitar.Top of Form

Pembersihan kebun samping rumah tidak hanya tentang membersihkan ruang fisik, tetapi juga tentang menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa. Mungkin suatu hari, kita dapat melihat kebun samping rumah ini bersinar terang setiap hari, karena kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan tempat publik telah merasuki hati setiap warga.Kegiatan ini juga mengajarkan saya bahwa meskipun saya hanya satu orang, tindakan saya dapat membuat perbedaan besar. Dan jika kita semua bergandengan tangan, kita dapat menciptakan perubahan besar yang akan membentuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Seiring mentari perlahan menyembunyikan diri di ufuk barat, saya meninggalkan kebun samping rumah dengan perasaan puas dan hati yang lega, karena saya tahu bahwa hari ini, saya telah berkontribusi pada transformasi kecil yang dapat membawa perubahan besar bagi lingkungan dan komunitas saya.

 

0 komentar:

Posting Komentar