Senin, 30 Oktober 2023

 Psikologi Lingkungan

Essay 3

Before, After

Oleh Irmawati 22310410031

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 Before, after (sebelum, sesudah) lebih diaplikasikan kesebuah poto ini adalah sebuah tren yang pada umumnya ada di sosial media yang menampilkan fisik seseorang terutama wajah. Tren ini belakangan menjadi inspirasi mahasiswa Psikologi Lingkungan dikarenakan pola prosedur yang bisa mengajak orang – orang untuk berbondong – bondong dalam membersihkan lingkungan dari sampah terutama plastik. Sampah plastik sangat banyak sekali di dunia ini.

Metode before after ini menerapkan sebuah gambar atau photo suatu tempat sasaran untuk dibersihkan baik sebelum dan sesudah dibersihkan. Dalam hal ini terselip sebuah tujuan adanya sebuah moment yang harus diabadikan terlebih dahulu. Tidak lengkap rasanya momen ini tidak dipublish atau upload di sosial media karena before after ini mengadaptasi dari platform sosial media terutama tiktok.

Bersih-bersih lingkungan adalah tindakan membersihkan dan merawat lingkungan sekitar kita untuk menjaga kebersihan dan keindahan. Sebelum melakukan bersih-bersih lingkungan, mungkin lingkungan tersebut akan kotor, berantakan, dan mungkin terdapat sampah-sampah yang berserakan di sekitarnya. Setelah melakukan bersih-bersih lingkungan, lingkungan tersebut akan menjadi lebih bersih, rapi, dan bebas dari sampah, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Pada hari Sabtu, 14 September 2023, saya juga bersemangat dalam mepromosikan kegiatan before after ini untuk kali pertama yang saya abadikan dengan kamera ponsel saya. Before after pertama saya lakukan di pekarangan jalan menuju makam barat Kantor desa Manggis daerah saya. Dari pantauan poto pertama sedikit sangat kotor karena banyak sekali sampah yang berserakan di sekitar jalan setapak yang hanya cukup dilewati beberapa orang saja. Ini saya mengabadikan penampakan pekarangan jalan samping pemakaman sebelum saya bersihkan.

Jiwapun bersemangat saat melihat pasca sampah sudah terkumpul di beberapa plastik yang akan saya salurkan ke pengepul sampah yang bisa diharga tidak seberapa tetapi bisa bermanfaat untuk orang sekitar karena hal sehat dimulai dari yang terlihat. Tak lupa saya lampirkan poto sesudah kegiatan bersih – bersih yang saya lakukan tepatnya di pekarangan pemakaman tersebut banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dengan bsersih – bersih pun bisa seperti saat saya berolahraga dan juga bisa mendorong semangat Masyarakat sekitar untuk saling berbondong – bondong cinta terhadap lingkungan sekitar.

Kemudian untuk before after yang kedua saya lakukan di sungai sawah tepatnya di jalan menuju alun – alun kota Boyolali pada hari Minggu Tanggal 15 Oktober 2023, ini sebenarnya sungainya airnya sangat jernih tetapi terlihat kotor karena banyak sampah plastik yang mengganggu pengairan dan membuat kumuh dan tidak baik untuk sungai ini. Dengan demikian sungai menjadi tercemar seperti pada gambar tersebut.

 Waktu saya mencoba untuk memunguti sampah dan memilah – milah sampah banyak sekali pemotor yang melihat aksi saya dengan demikian saya bisa mendorong warga masyarakat sekitar untuk berkolaborasi dalam mempromosikan kegiatan before after ini.

Setelah selang beberapa menit saya membersihkan sedikit sampah yang ada di Sungai kecil ini hanya beberapa sampah saja yang bisa saya bersihkan karena hanya bermodalkan sebuah plastic spound bag dan peralatan seadanya. Dalam hal ini membersihkan sampah yang ada disungai cukup menyenangkan juga karena kita juga bisa main air miris juga di era sekarang Sungai bersih cukup sulit ditemui karena banyak yang mengalih fungsikan Sungai sebagai tempat penimbunan dan pembuangan sampah. Banyak sekali dampak negative nya seperti saat musim penghujan akan tiba dimuara atau hulu Sungai akan berdampak banjir karena sampah yang dibuang oleh Masyarakat di hilir Sungai atas. Tak lupa saya melampirkan poto after atau setelah saya bersihkan sedikit. semoga adanya kegiatan ini kita bisa mendorong masyarakat sekita untuk lebih menyayangi dan saadar akan kegunaan sungai di masa kemarau ataupun musim penghujan bukan sebagai gudang sampah yang akan berdampak saat hujan tiba. Tidak luput juga ajang before after ini bisa mempelopori untuk anak – anak muda akan hal pengolahan sampah skala kecil dengan memanfaatkan pengetahuannya fungsi alam yang sebenarnya dengan tidak membuang sampah sembarang dan mengolah sampah plastti menjadi sebuah kerjinan dan mengolah sampah organik sebagai pupuk alami untuk bercocok tanam.







0 komentar:

Posting Komentar