Minggu, 29 Oktober 2023

Essay 2 : Kegiatan Plogging_Christoper Gracia Siregar_23310420056

 KEGIATAN PLOGGING

Psikologi Lingkungan Essay II Meringkas Jurnal
Dosen Pengampu :
Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

 

Christoper Gracia Siregar
(23310420056)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Pencemaran lingkungan yang semakin meningkat disebabkan oleh berbagai hal, seperti bertambahnya populasi manusia yang mengakibatkan meningkatnya jumlah sampah yang dibuang. Hal ini diperburuk dengan kurang memadainya tempat dan lokasi pembuangan sampah, kurangnya kesadaran dan kemauan masyarakat dalam mengelola dan membuang sampah, masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang manfaat sampah, serta keengganan masyarakat memanfaatkan kembali sampah, karena sampah dianggap sebagai sesuatu yang kotor dan harus dibuang ataupun gengsi. Berbagai hal tersebut menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan yang berdampak negatif bagi masyarakat.

Kebersihan lingkungan berupa lingkungan sekitar manusia tersebut berada, dapat berupa pekarangan rumah, didalam rumah, hingga tempat umum sekitar manusia itu berada. Terciptanya sebuah kondisi kebersihan lingkungan dapat kita wujudkan dari hal-hal yang paling sederhana, misalnya menjaga kebersihan rumah sendiri, pekarangan rumah, hingga jalan di sekitar rumah, jika setiap invididu manusia menerapkan kebiasaan untuk hidup bersih maka akan tercipta sebuah lingkungan yang bersih bebas dari sampah, lingkungan yang bebas dari sampah akan terhindar dari kotoran maupun penyakit yang ada, yang di sisi lain akan menguntungkan terhadap aspek kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat, sebagai contoh sebuah lingkungan akan terhindar dari banjir jika setiap individu di lingkungan tersebut telah menerapkan pola hidup bersih terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, sebagaimana kita tahu bahwa sampah akan menghambat terhadap aliran sungai yang mengakibatkan distribusi aliran air menjadi terganggu.

Salah satu kegiatan yang dapat ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan adalah kegiatan ploging, kegaitan plogging sembari berolahraga jalan santai disore hari ini saya lakukan disektar Desa Minomartani, saat berada di sekitar SDN MInomartani 2 saya menemukan beberapa sampah yang berserakan, sampah-sampah ini berjenis plastik seperti botol air mineral, minuman berkemasan kaleng, piring makanan plastik, dan sebagainya. Saya mengambil sampah-sampah yang berbahan plastik ini kemudian saya masukan ke dalam kantung plastik yang saya bawa. Setelah itu saya mengumpulkan dan memilahnya diruah kemudian setelah saya timbang hasilnya berat sampah yang saya dapatkan sekitar 300 gram, kemudian akan saya serahkan ke bank sampah nantinya.   

0 komentar:

Posting Komentar