Minggu, 29 Oktober 2023

 

Psikologi Lingkungan

Essay 2

Plogging

Oleh Elia Putri Utami 22310410111

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Berbicara terkait plogging,,Plogging adalah olahraga lari yang populer di Swedia. Kata Plogging sendiri diambil dari kombinasi antara kata “jogging” dan istilah Swedia, “plocka upp”, yang artinya mengambil. Plogging kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar.

Sebetulnya plogging ini memiliki beberapa manfaat yaitu membakar kalori secara efektif,membantu tubuh lebih sehat dan bugar,menjaga kelestarian lingkungan, dan produksi sampah di Indonesia.


Sejalan dengan saya yang hobi berolahraga dan basic berolahraga adalah jogging atau berlari untuk menjaga ketahanan fisik.pada kesempatan kali ini sungguh membuat saya bangga dan menciptakan kepuasan tersendiri dapat melakukan aktivitas dan juga peduli lingkungan,hal yang saya lakukan pada tanggal 7 oktober 2023.saat itu hari libur pagi pagi saya terbiasa untuk berolahraga ringan seperti jogging.hanya jogging di rute biasa saya lewati yaitu putar desa hingga finish di rumah kembali.sengaja saya membawa kantong kresek dari rumah yang saya niatkan untuk memungut sampah yang ada di sepanjang jalan yang saya lewati.betul adanya saat saya jogging saya menemukan sampah seperti botol air mineral,kantong makanan kemasan,dan sampah lainnya yang merusak pemandangan beberapa ruas jalan yang saya lewati,tidak perlu malu dan bingung saya memungut sampah dan saya kumpulkan di dalam kantong plastik bewarna hitam tersebut.


Tidak hanya sekali saya lakukan kemudian pada plogging kedua saya juga sempatkan kembali untuk berolahraga.pada tanggal 8 oktober 2023 saya melaksanakan jogging kembali,dan mencoba berfikir akan melaksanakan ditempat yang berbeda yaitu di lapangan bola yang berjarak kurang lebih 2 kilo meter dari tempat tinggal saya.setibanya saya dilapangan sejauh mata memandang ada beberapa titik di lapangan tersebut yang berserakan sampah.untuk hasil yang maksimal saya lakukan jogging keliling melewati pinggir lapangan dan sesekali berhenti untuk mengambil sampah dipinggir lapangan.




0 komentar:

Posting Komentar