Minggu, 29 Oktober 2023

 

ESSAY 3

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

SEBELUM DAN SESUDAH MEMBERSIHKAN SAMPAH

“ KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI”

ELIA PUTRI UTAMI

NIM 22310410111

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Saya adalah seorang yang tidak setiap saat bisa dirumah setiap pagi hingga sore saya memiliki kewajiban untuk bekerja.sampai jarang untuk berolahraga.terkadang hari sabtu dan minggu jika tidak ada kerjaan tambahan saya baru dapat memiliki kesempatan untuk libur.dengan kesempatan libur itulah saya manfaat untuk berolahraga.

Pada hari sabtu tanggal 14 oktober 2023 saya tidak ada kerjaan tambahan dan bisa libur.bersama adik saya berusia 17 tahun yang masih duduk dibangku SMA,dan kebetulan hari sabtu dan minggu libur saya ambil kesempatan hari itu untuk berolahraga.pagi itu pukul 07.30 wib saya Bersama adik jogging di dekat rumah dan melewati perkampungan kami.ditengah tengah perjalanan kami saat berolahraga banyak sampah rumah tangga di tengah tengah kebon yang seharusnya tidak patut untuk pembuangan sampah rumah tangga. teringat ini dapat menjadi bahan untuk tugas psikologi lingkungan yang sedang membahas tentang sampah,sekaligus membantu membersihkan lingkungan sekitar saya memungut sampah ditemani oleh adik saya tersebut.lumayan melelahkan karena Gerakan mengambil sampah ini membungkuk kemudian berjalan beberapa Langkah membungkuk Kembali kemudian berjongkok dan tidak sedikit debu dari lingkungan sekitar sampah yang mengering.dengan begitu beberapa waktu kemudian akhirnya yang semula menumpuk sampah lumayan bersih dan sedap dipandang karena bersih.dengan memungut plastic kresek yang juga ada di kebon itu saya manfaatkan untuk menaruh sampah sampah yang kemasan lainnya.tidak hanya pada di titik saya memungut sampah kali ini saja namun juga sepanjang saya dan adik melintasi jalan tersebut juga masih banyak sampah yang berserakan,entah dengan sengaja atau tidak sampah tersebut adalah sampah yang tidak bisa hancur dan menyatu dengan tanah dengan sendiri nya.begitu prihatin melihat situasi tersebut,kurangnya kesadaran warga sekitar untuk open terhadap lingkungan dan mengelola sampah rumah tangga dengan baik.masih banyak nya warga yang kucing kucingan membuang sampah sembarangan,saat saya bertemu warga sekitar yang dia sudah rutin membuang sampah di bank sampah memang betul Sebagian warga masih membuang sampah dengan sembarangan di tempat tersebut yang mungkin menurut Sebagian orang adalah tempat yang wajar untuk membuang sampah.


Hari sabtu telah berlalu,sampah yang kemarin kami pungut sudah Sebagian kami bakar dan dibuang pada tempat nya.Kemudian pada pagi hari nya hari minggu tanggal 15 oktober 2023 setelah membantu orang tua dirumah untuk menyapu bagian dalam,teras hingga halaman rumah saya memiliki niat untuk kembali melakukan olahraga dan sekalian untuk mengecek lingkungan sekitar namun ditempat yang berbeda.yaitu dilapangan sepak bola dekat dengan rumah yang berjarak kurang lebih 2 kilometer.baru juga sampai di lapangan saya dan adik sudah melihat di pojok pojok lapangan terdapat beberapa sampah yang lumayan banyak,sampah rumput sudah biasa namun ini adalah sampah sampah plastik,botol botol dan makanan kemasan lainnya.namun pagi itu karena sudah agak siang untuk waktu berlari dan berolahraga yaitu pada pukul 08.30 wib maka saat itu saya putuskan untuk berolahraga dahulu memutar lapangan 3 kali putaran kemudian saya dan adik berisitrahat sebentar kemudian berjalan mendekat dengan sampah yang terkumpul di pojok pojok lapangan tersebut.sampah itu mungkin dihasilkan dari orang orang yang juga sedang berolahraga namun membeli minuman dan makanan untuk dikonsumsi setelah lelahnya berolahraga namun buruknya sampah tersebut ditinggal ditermpat dan tidak dibuang pada tempat yang semestinya.tidak muda ataupun tua tidak berpendidikan ataupun tidak.yang memiliki etika dan sadar akan pentingnya Kesehatan bagi manusia harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar,karena lingkungan yang bersih akan indah dipandang dan kebersihan harus selalu dijaga kalau tidak sekarang kapan lagi kalau bukan kita siapa lagi.mulai dengan hal kecil dan tempat yang terdekat dengan kita.







0 komentar:

Posting Komentar