Rabu, 25 Oktober 2023

Essai 3 Before-After "Kegiatan Bersih Limgkungan"_Nelsa Ayuantika_22310410070_SJ

 

KEGIATAN BERSIH LINGKUNGAN

Psikologi Lingkungan Essay 3 Melakukan Before-After

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

                            


           


Nelsa Ayuantika

22310410070

Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

    

   Indonesia adalah negara dengan penduduk terpadat ke empat didunia. Setiap penduduk dalam menjalankan kehidupannya akan mengeluarkan sampah sebagai zat sisa pembuangan. Sampah sangat mudah dilihat dan temukan disekitar kita. Setiap orang akan menghasilkan sampah. Sampah dibagi menjadin tiga bentuk yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah hasil sisa zat kimia. Semenjak kecil kita telah diajarkan untuk hidup bersih dengan cara membuang sampah pada tempat sampah, namun banyak sekali orang yang lalai untuk menjalankan hal tersebut. Sampah hingga kini masih menjadi polemik permasalahn yang ada di Indonesia, permasalahan tersebut sulit ditangani hingga kini. Contoh permasalahn tersebut yaitu banyaknya limbah plastik disungai, hasil limbah pabrik, dan banyaknya kasus sampah plastik yang dibuang kelaut, kemudian membuat kehidupan perairan menjadi kotor

   Sidomulyo, 15 Oktober 2923 Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Sidomulyo adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

   Di Sidomulyo ketanggi khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya.

   Bertepatan hari Minggu kemarin tanggal 15 Oktober 2023 warga lingkungan sekitar termasuk saya juga ikut serta melakukan kegiatan kerja bakti memperbaiki gorong-gorong, dan ikut serta menyapu dan mengumpulkan sampah sampah.

   Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

   Untuk foto kedua kita juga sama sama melakukan gotong royong membersihkan trotoar jalan taman yang ada di dekat perumahan saya kegiatan di lakukan pada pagi hari ini sekita pukul 6.30 hingga selsai, saya juga tidak sendiri saya di bantu rekan rekan dekat saya untuk membersihkan trotoar tersebut.

   Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Sidomulyo ini. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB.  Dengan penuh semangat warga Sidomulyo ketanggi membersihkan jalan jalan di sekitar rumah dan membersihkan gorong gorong.

   Bila sampah hanya dibuang untuk kemudian dibuang lagi di suatu tempat, dan dari suatu tempat itu kemudian dibuang lagi di tempat lain, maka hal itu tidak akan ada habisnya. Harus ada cara lain untuk mengatasi sampah tersebut. Rupanya sampah dapat diolah kembali menjadi hal yang menarik, selain meminimalisir jumlahnya, juga dapat mengurangi dampak buruknya bagi lingkungan.

   Beberapa kerusakan lingkungan bisa terjadi ada yang dikarenakan oleh manusia dan ada yang murni dari alam itu sendiri. Untuk itu sebaiknya sebagai manusia bisa menjaga dan merawat lingkungan. Ada juga Hal Sepele Dapat Menimbulkan Kerusakan Alam yang tidak disadari tapi bisa mengakibatkan hal yang fatal. Seperti halnya membuang sampah di halaman sekolah ataupun membunag sampah tidak pada tempatnya. Sekilas anda hanya membuang sebungkus saja tapi anda tidak tahu kalau teman-teman anda juga mengikutinya.

   Sampah organik bisa terurai meski dibuang begitu saja dan akan hilang dengan sendirinya. Beberapa contoh sampah yang masuk dalam kategori sampah organik di antaranya adalah sisa makanan, kulit buah, sisa masakan dari dapur, dan daun-daunan. Biasanya jenis sampah ini juga bisa diolah kembali menjadi pakan ternak, biogas, bahkan pupuk.

   Sebaliknya, sampah non-organik biasanya akan sulit terurai. Yang termasuk dalam daftar sampah jenis ini adalah botol minuman, plastik, dan kaleng. Sampah ini tidak akan hancur dalam waktu yang lama meski dibakar sekalipun. Namun, sampah non-organik ternyata masih memiliki nilai ekonomis dan bisa  dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih terpakai.

   Nah, saat pembuangan sampah organik dan non-organik dipisah, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati. Mulai dari udara yang lebih sehat, lingkungan yang bersih dan air yang terjamin. Membuang sampah sesuai jenisnya pun akan memudahkan dalam pengolahan kembali. Misalnya, membuang sampah non-organik ke dalam satu wadah saja akan memudahkan orang yang ingin mengambil dan mendaur ulang sampah tersebut. Dia pun tak perlu lagi membongkar kembali tempat sampah, yang malah bisa menyebabkan terjadinya masalah kebersihan di lingkungan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar