Selasa, 31 Oktober 2023

Essay 3 : Before-After, RIZQI BAYU NUR HANAFI 22310410134

ESSAY 3 PSIKOLOGI LINGKUNGAN
BEFORE-AFTER


RIZQI BAYU NUR HANAFI
22310410134

DOSEN PENGAMPU : 
Dr., Dra. Arundhati Shinta MA

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
 



 

KEGIATAN BEFORE - AFTER TENTANG SAMPAH DI LINGKUNGAN

 

Hari ini jumat, tanggal 27 Oktober 2023 saya melakukan aktivitas olahraga. Olahraga yang saya lakukan hari ini adalah joging. Joging adalah olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan di bawah 14 km per jam. Kegiatan ini memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari untuk menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan paru-paru.

Joging kali ini saya lakukan di sekitar kantor. Saya sore ini melakukan joging selama 1 jam di temani oleh teman saya. Setelah selesai joging saya mutar-mutar di sekitar komplek kantor dan saya menemukan tumpukan sampah yang menurut saya menganggu pandangan.

Sampah itu menumpuk di sekitar bak sampah padahal di sana juga ada tempat sampah Tanpa berpikir panjang saya langsung membersihkan sampah tersebut namun sebelum saya bersihkan saya mencari kantong plastik untuk tempat sampah tersebut




Sebelum saya masukkan kantong sampah itu saya pilih-pilih antara sampah organik dan juga sampah non organik Perbedaannya adalah sampah organik itu adalah sampah yang mudah terurai seperti daun, rumput, kertas, dll Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang sulit terurai seperti plastik, botol bekas, dan lainnya


Tujuan saya memilah sampah tersebut adalah untuk saya daur ulang Sampah organik seperti daun, dll akan saya manfaatkan untuk pakan ternak maupun pupuk kompos Sedangkan sampah non organik akan saya manfaatkan untuk saya daur ulang sebagai kerajinan maupun yang lain

 Setelah saya selesai memilah sampah tersebut lalu saya masukkan ke dalam kantong kresek yang sudah saya persiapkan sebelumnya.

 Setelah semuanya bersih sampah tersebut saya bawa ke rumah untuk saya manfaatkan sebagai kerajinan maupun yang lain.

 Dengan itu saya bisa menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan juga di sisi laij bisa menjaga kesehatan lungkungan dengan membesihkan sampah.

Gambar diatas adalah kondisi dimana sekitar kantor sudh saya bersihkan, Mari bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.



0 komentar:

Posting Komentar