Rabu, 25 Oktober 2023

Essay 3 Melakukan Kegiatan Before-After_ChonyBabys_23310420002

Tugas Psikologi Lingkungan

Essay 3 Melakukan kegiatan Before-After

Chony Babys

23310420002

Dosen pengampu : Dr.,Dra Arundi Shinta,MA



Kegiatan

Melakukan kegiatan Before-After

Sumber

Smith, John. (2019). "The Significance of Before-After Studies in Environmental Impact Assessment." Environmental Science Journal, 14(2), 65-78

Pendahuluan

Sampah, cinta, dan perubahan perilaku

Kegiatan saya sebelum dan sesudah adalah membersihkan sampah yang ada disungai.Membersihkan sampah merupakan penghormatan terhadap alam dan lingkungan. Sampah yang berserakan merusak ekosistem, mencemari sumber daya alam, dan merusak keindahan alam.

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan kualitas hidup. Melalui kegiatan before-after saya merasakan dampak positif bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup saya, tetapi juga berkontribusi pada perlindungan dan keberlanjutan lingkungan
  2. Membersihkan Lingkungan. Tujuan utama kegiatan before-after adalah mengumpulkan sampah dan limbah plastik yang terbuang sembarangan di aliran sungai  dekat lingkungan kost saya, dengan harapan dapat mengurangi pencemaran air yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan ekosistem di aliran sungai ini.

Isi Kegiatan

Persiapan

Menyiapkan alat yang saya butuhkan seperti sarung tangan, kantong sampah, dan  tongkat punggung atau alat untuk mengambil sampah

Mengidentifikasi lokasi

Saat sampai di lokasi, saya memperhatikan dan menjelajahi sekitar aliran sungai dengan hati-hati untuk memastikan banyaknya sampah yang ada. Selain itu saya juga memastikan keamanan dan keselamatan saya saat melakukan kegiatan ini

Memungut dan mengelompokan sampah.

Selama proses pembersihan, saya memilah dan kelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya, seperti plastik, kertas, logam, atau sampah alam. Ini akan memudahkan proses pembuangan sampah yang saya kumpulkan.

Membuang sampah di tempat yang tepat

Karena di sekitar lokasi tempat tinggal saya tidak memiliki fasilitas daur ulang atau kompos, maka saya memilih untuk membuang sampah yang sudah dipisahkan dengan benar di tempat sampah umum yang disediakan oleh pemerintah setempat.     

Status awal (Before)

  • Status lingkungan. Aliran sungai sebelum dibersihkan dan sesudah dibersihkan dapat sangat berbeda. Di bawah ini ada beberapa gambaran lokasi sungai sebelum di bersihkan
  • Sampah Berserakan. Lingkungan sebelum dibersihkan dipenuhi dengan sampah seperti plastik, kertas, kaleng, kaca dan barang-barang lain yang dibuang sembarangan di sekitar aliran sungai
  • Pencemaran Visual. Sampah berserakan menciptakan pemandangan yang tidak estetis dan mengurangi keindahan lokasi sungai.
  • Kerusakan Ekosistem. Kerusakan ekosistem alam. Sampah yang mencemari air, tanah, dan udara menghasilkan dampak buruk pada kehidupan tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya.
  • Potensi Penyakit. Berkembang biaknya serangga dan organisme penyakit di lokasi ini yang dapat mengancam kesehatan manusia. Contohnya seperti yang saya alami yaitu timbul rasa gatal dan iritasi pada bagian tubuh yang terkena air di lokasi saya melakukan kegiatan ini.


Hasil Kegiatan (After)

  • Kebersihan dan Kerapihan. Setelah dibersihkan, lingkungan menjadi lebih bersih, rapi, dan bebas dari sampah yang berserakan.
  • Pencemaran Visual Teratasi. Pemandangan menjadi lebih indah, dan sungai terlihat lebih menarik.
  • Lingkungan yang Lebih Sehat. Dengan menghilangkan tempat berkembang biaknya serangga dan organisme penyakit, sungai lebih bersih dan sehat

Kesimpulan

Perbedaan ini menunjukkan betapa pentingnya tindakan membersihkan lingkungan untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan kualitas hidup kita serta menjaga keseimbangan ekosistem alam. Membersihkan lingkungan adalah langkah positif dalam menjaga planet kita dan lingkungan yang kita tinggali.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar