Senin, 30 Oktober 2023

Essay 3 Melakukan Before After di Sekitar Jalanan Desa di Tambakbayan Sillvi Yunia Anggraeni (22310410019)

Nama : Sillvi Yunia Anggraeni

Nim : 22310410019

Kelas : Psikologi A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 


Topik

Bersih-bersih Jalanan Desa Untuk Mengatasi Problem Sampah Berserakan di Permukiman  Masyarakat

Sumber

R. Septian Armel, Raja Arlizon, Raja Widya N., Hasbi J., dan Hanny D. S. (2022). PENINGKATAN KESADARAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI GOTONG ROYONG BERSAMA WARGA DI DESA BERUMBUNG BARU SIAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Permasalahan

Sampah Berserakan: Sebelum intervensi dilakukan, mungkin terdapat kecenderungan untuk membuang sampah sembarangan di sekitar jalan, baik oleh pengendara maupun orang-orang yang beraktivitas di sekitar jalan. Hal ini menyebabkan sampah berserakan yang dapat mencemari lingkungan sekitar jalan dan menciptakan tampilan yang tidak indah. Setelah intervensi dilakukan, seperti pengaturan tempat sampah yang lebih baik, kampanye kesadaran, atau peningkatan sistem pengelolaan sampah, diharapkan sampah berserakan dapat dikurangi atau dihilangkan.

Ringkasan

- Kebersihan Lingkungan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Menciptakan kebersihan lingkungan merupakan upaya untuk menjadikan kehidupan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah, muntaber dan masih banyak penyakit lainnya (Muthmainnah & Mulyana, 2021). Lingkungan bersih dan sehat juga merupakan salah satu modal awal yang penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Kualitas lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu diperlukan kegiatan bersama-sama dengan masyarakat harus berupaya untuk menciptakan lingkungan menjadi bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran, termasuk di antaranya debu, sampah dan bau. Karena proses penularan penyakit disebabkan oleh mikroba, lingkungan yang bersih dan sehat juga berarti harus bebas dari virus, bakteri pathogen dan berbagai vektor penyakit. Lingkungan bersih dan sehat juga harus bebas dari bahan kimia berbahaya.

- Namun demikian masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu menjadi polemik berkepanjangan di masyarakat (Siregar & Rangkuti, N, 2021). Banyak aktivitas manusia yang berdampak buruk terhadap kualitas lingkungan, misalnya pengelolaan sampah dan limbah yang kurang baik, meningkatnya penggunaan sampah yang tidak terpakai, meningkatnya jumlah penggunaan plastik dan kurangnya pemanfaatan sampah plastik.

- Untuk membantu mengatasi masalah sampah di pemukiman masyarakat, maka kegiatan penyadaran lingkungan merupakan hal yang perlu dilakukan (Munir & Nurhayati, 2022). Dimulai dengan memberikan ilmu yang dapat diterima oleh masyarakat dari segala golongan. Kemudian bersamaan dengan ilmu yang diberikan dapar juga dilakukan aksi terjun langsung ke masyarakat, mempraktekkan cara menjaga kebersihan lingkungan agar masyarakat terhindar dari penyakit. Dan dapat ditunjukkan kepada masyarakat bahwa tempat pembuangan sampah merupakan hal penting demi mencegah sampah-sampah berserakan.

Ringkasan (Lanjutan)

Saya melakukan befor after di sekitar jalanan desa di tambak bayan. Ketika saya mau berangkat kuliah dengan teman saya. saya melihat jalanan desa yang biasa saya lewati bertumpukan sampah. Kemudian saya dan teman saya berinisiatif untuk melakukan bersih-bersih bersama di area jalan tersebut setelah pulang kuliah. Tanpa membuang waktu lagi, saya dan teman saya langsung beraksi. kita membagi tugas untuk memastikan kegiatan pembersihan ini berjalan lancar dan efektif. Selama beberapa jam, bekerja keras membersihkan lingkungan di sekitar jalanan desa.  Saya dan teman saya bekerja dengan penuh semangat dan tidak mengenal lelah. Akhirnya, setelah selesai membersihkan jalanan tersebut, saya dan teman saya duduk beristirahat di bawah pohon pisang yang ada di dekat jalan. Kami merasa senang dan bangga akan hasil kerja keras kami. Akhirnya kami bisa melihat pemandangan lingkungan di sekitar jalanan desa tampak jauh lebih bersih dan indah.

Diskusi

- Masalah sampah memang menjadi masalah yang sering terjadi di lingkungan sekitar. Banyak orang yang kurang peduli dengan lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Hal ini tentu sangat merugikan lingkungan sekitar. Selain menciptakan tampilan yang tidak indah, sampah juga dapat mencemari lingkungan sekitar dan memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, peran masyarakat sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan.

- Diperlukan program kampanye kesadaran dan peningkatan sistem pengelolaan sampah agar sampah di lingkungan dapat diatasi dengan baik. Program ini harus dilakukan dengan model partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat merasa terlibat langsung dalam mengatasi masalah sampah di lingkungannya.


DAFTAR PUSTAKA

Munir, A., & Nurhayati, N. (2022). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti               Membangun Desa Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Jurnal Riset Dan                         Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1495

Muthmainnah, T. S., & Mulyana, E. (2021). Optimalisasi Kebersihan Lingkungan Guna                                   Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kampung Babakan Rw 11 Desa Cisondari.                                     39(November).

Siregar, R. D., & Rangkuti, N, A. (2021). Penyuluhan Kebersihan Lingkungan Sekalian Gotong                     Royong di Desa Simatohir Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu. Jurnal   Pengabdian                     Masyarakat     Aufa, 3(2), 37–41.


0 komentar:

Posting Komentar