Minggu, 29 Oktober 2023

Psiling Essay 3: Before After ( M. Ekky Wahyu Mumpuni _ 22310420017/SP)

PSIKOLOGI LINGKUNGAN 

ESSAY 3

PEMBERSIHAN SUNGAN dan JALAN UMUM 

M. Ekky Wahyu Mumpuni 

22310420017

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M. A

Universitas Psikologi UP 45

Yogyakarta  


Gambar 1. kegiatan bersih sungai

Di salah satu sudut kota Yogyakarta terdapat sungai yang begitu kotor karena sampah, beberapa bau sudah tidak enak karena berasal dari pembusukan sampah- sampah organik dan sampah lain seperti sampah daun, plastik yang banyak berasal dari limbah rumah tangga. Sungai ini beralamatkan di Gg. Angsana, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman. Saya dengan 4 teman saya dengan kondisi sungai seperti itu mencoba untuk membantu membersihkan supaya sungai tersebut sehat kembali.

Gambar di atas adalah saat kami melakukan pembersihan sampah di sungai tersebut, sampah-sampah yang mencemari sungai tersebut banyak jenisnya mulai dari sampah plastik, organik seperti bangkai tikus dan bangkai kucing, ikan yang mati dan membusuk, makanan sisa, daun-daun pohon dan bambu, juga kayu. Kegiatan ini dilakukan pada Hari Minggu 18 September 2023 dimulai pada jam 09.00 hingga selesai pukul 12.30. Seluruh sampah kami kumpulkan menjadi dua kantong plastik, ada seorang warga yang membantu untuk mengurus sampah, ia pak Wawan, warga kampung sekitar, ia membawa sampah yang terkumpul untuk ia pilah dan ia jual.

Gambar 2. Lokasi before kedua bersih-bersih jalan

Tidak hanya di satu tempat saja, pada tanggal 21 September 2023 pukul 18.45 sampai pukul 20.00 kami juga melakukan bersih-bersih jalanan, lokasi nya di jl. Langenarjan, samping Plengkung Gading Yogyakarta, jalan ke arah timur, di sepanjang jalan tersebut banyak sekali sampah yang tidak pada tempatnya, bahkan ada sampah daun dari pohon yang ditanam di pinggir jalan dan tidak dibersikan selama berhari-hari, terlihat sampai mengering. Kami semua mengumpulkan sampah tersebut dalam satu wadah besar. Sampah yang terkumpul adalah sampah plastik seperti botol, yang paling banyak, sisanya sampah kertas dan sampah daun. Banyaknya sampah plastik ini sekitar 2 kilogram, kami jual ke pengepul sampah plastik di Majasem, Prambanan, dan ternyata harga sampah plastik yaitu botol per kilo nya adalah Rp 1500, jadi kita mendapat uang Rp 3000.

 


 Gambar 3. Sampah Hasil Pengumpulan


 Gambar 4. After pembersihan jalanan

Kegiatan hari itu sangat mengesankan, dimana banyak tangan membantu untuk membersihkan lingkungan, banyak orang lalu-lalang hanya melihat saja, namun setelah beberapa lama


hasil dari keringat kita terlihat juga, lingkungan menjadi lebih asri dan enak dipandang mata karena bersih. Kegiatan ini juga mengasah kita agar leih peduli dan peka terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar