Senin, 30 Oktober 2023

Esay 2 Melakukan Kegiatan Plogging_HappyJohanisAD_23310420013



Tugas Psikologi Lingkungan

Esay 2 Melakukan Kegiatan Plogging

Happy Johanis A D
23310420013
Dosen Pengampu: Dr.,Dra Arundi Shinta,MA


Kegiatan

Melakukan Plogging

Permasalahan

Plogging adalah aktivitas fisik yang menggabungkan lari atau berjalan cepat dengan membersihkan lingkungan sekitar. Plogging biasanya dilakukan dengan membawa kantong atau tas sampah sambil berlari atau berjalan cepat. Akan tetapi dalam kegiatan ini ada beberapa permasalahan yang mungkin timbul saat melakukan plogging. Berikut adalah beberapa permasalahan yang mungkin muncul:

  • Keselamatan: Ketika berlari atau berjalan sambil memungut sampah, ada risiko tergelincir, jatuh, atau terluka. Saat jogging kita perlu memperhatikan keadaan jalanan atau lintasan yang akan Anda plog, terutama jika ada sampah tajam atau berbahaya.
  • Penanganan Sampah: Memungut sampah bisa menjadi tugas yang kurang menyenangkan, terutama jika sampahnya bau atau kotor. Kita juga perlu memastikan kita memiliki tempat untuk membuang sampah dengan aman setelah mengumpulkannya.
  • Pengelolaan Sampah: Pengelolaan sampah adalah permasalahan yang lebih besar. Meskipun kita dapat membersihkan area tertentu, masalah sampah secara keseluruhan mungkin tidak teratasi tanpa upaya bersama dari pemerintah dan komunitas.

Tujuan Kegiatan

Tujuan utama dari plogging ialah membersihkan lingkungan sekitar, dengan mengumpulkan sampah selama berolahraga jogging, plogging membantu mengurangi sampah yang mencemari area berolahraga seperti jalanan, taman, dan area publik lainnya. Dengan kegiatan ploging ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sampah dan pencemaran lingkungan.  

Hasil Kegiatan

Hasil dari kegiatan plogging yang saya lakukan ini saya sangat bersemangat karena kegiatan ini meningkatkan kebugaran fisik, kardiovaskular, dan kekuatan otot dan kesehatan fisik saya. Dengan kegiatan ini saya juga mengumpulkan sampah sekitar selama berolahraga karena plogging dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang mencemari lingkungan, khususnya sampah plastik yang sulit terurai di area atau lokasi tempat saya berolahraga.

Kesimpulan

Dari kegiatan plogging yang saya lakukan ini saya berharap bisa menjadi contoh tindakan positif yang sederhana dan dapat diikuti oleh banyak orang yang melihat saya melakukan tindakan tersebut. Saya juga berharap orang yang melihat plogging atau berpartisipasi dalamnya dapat terinspirasi untuk melakukan tindakan positif lainnya dalam menjaga lingkungan, seperti mengurangi konsumsi plastik, mendaur ulang atau berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan lainnya. Plogging dapat menjadi kegiatan sosial yang memungkinkan individu-individu dalam masyarakat untuk bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuan lingkungan. Ini mempromosikan rasa kepemilikan terhadap lingkungan mereka dan dapat menggalang partisipasi yang lebih besar dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

 

0 komentar:

Posting Komentar