Minggu, 29 Oktober 2023

Tugas Essay 6 : Melakukan Kegiatan Before-After_EvanPrimaPohan_23310420033

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Essay 6 : Melakukan Kegiatan Before - After

Evan Prima Pohan
23310420033
Dosen Pengampu : 
Dra. Arundati Shinta, M.A.



Melalui "before-after," kita dapat memeriksa perubahan dalam berbagai konteks, dari yang fisik di lingkungan hingga yang sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat. Pendekatan ini melibatkan perbandingan antara keadaan sebelum dan setelah suatu tindakan atau peristiwa, memberikan wawasan yang berharga untuk mengevaluasi dampak kebijakan, proyek, atau tindakan tertentu.

Salah satu kegiatan "Before-After" yang saya lakukan dilakukan di sebuah jembatan di Jl. Pesona Alam, Sedayu, Bantul. Saya memilih lokasi ini karena dulunya sering digunakan sebagai tempat bersantai oleh saya dan teman kampus, namun sekarang telah tercemar oleh sampah. Air kali yang dulunya berwarna hijau kini terlihat hitam. Hal ini memotivasi saya untuk berusaha mengembalikan keadaan seperti sebelumnya.

Setelah melakukan plogging, saya menuju lokasi before-after yang saya pilih. Meskipun jalan kesana agak kecil dan curam, saya tetap melangkah dengan hati-hati agar tidak terjatuh. Setibanya di sana, terlihat bahwa aliran kali terganggu oleh sampah daun, yang sebenarnya penting dalam ekosistem yang sehat karena memberi makan bakteri baik dan serangga air. Namun, masalah utama adalah sampah plastik dan non-organik yang mencemari aliran sungai ini.

Saya segera memulai kegiatan membersihkan dengan mengambil sampah. Saya kaget melihat bahwa selain sampah dapur, ada juga sampah yang mungkin akan membuat banyak orang merasa jijik, seperti sampah pampers bayi dan pembalut wanita. Tanpa ragu, saya memasukkan sampah-sampah tersebut ke dalam plastik milik saya.

KONDISI BEFORE

Hasilnya terlihat positif, aliran air kali terlihat lebih alami dan asri dibandingkan sebelumnya. Meskipun hasil yang lebih baik akan memerlukan lebih banyak tenaga dan sumberdaya, saya rasa kegiatan kecil saya ini sudah memberikan perubahan positif.

KONDISI AFTER

Setelah selesai, saya kembali ke rumah dengan membawa dua bungkus plastik penuh dengan sampah, salah satunya hasil dari plogging. Plastik ini saya buang ke tempat sampah umum.

Kegiatan "Before-After" saya yang kedua berlangsung di Bendungan Kamijoro, Bantul, pada tanggal 25 Oktober 2023, sekitar pukul 15.00 sore. Di sana, saya menemukan campuran sampah daun kering dan sampah plastik. Tampaknya pengurus bendungan sering membakar sampah, yang terlihat dari bekas abu di lokasi.

Yang menarik perhatian saya adalah banyaknya sampah plastik bekas makanan dan minuman, serta bungkusan rokok yang mencemari lingkungan di Bendungan Kamijoro. Saya berpikir bahwa pengurus bendungan seharusnya menyediakan tempat sampah untuk mengatasi masalah sampah dari pengunjung.



Tanpa ragu, saya mengumpulkan seluruh sampah plastik ke dalam plastik yang saya bawa. Karena keterbatasan plastik yang saya miliki, saya hanya menyapu sampah daun kering ke tempat pembakaran yang sudah ada.

KONDISI BEFORE :

Hasilnya terlihat lebih bersih dan nyaman untuk dilihat. Selain dari tidak adanya sampah, lokasi yang saya pilih sangat cocok untuk bersantai karena berada tepat di tepi Sungai dengan pemandangan bendungan yang memikat.

KONDISI AFTER :



Sama seperti sebelumnya, saya kembali dengan membawa dua plastik penuh dengan sampah, satu di antaranya hasil dari kegiatan plogging. Kemudian, saya membuang plastik-plastik tersebut ke tempat sampah umum yang berada di dekat wilayah tempat tinggal saya.

 

 Oleh : Evan Prima Pohan

 

 

  

0 komentar:

Posting Komentar