Jumat, 27 Oktober 2023

Essay 3 : Before-After, Ferdi Zidhane Agibhran 22310410085

 

ESSAY 3 PSIKOLOGI LINGKUNGAN
BEFORE-AFTER

Peran Kita Terhadap Kelestarian Lingkungan


 Ferdi Zidhane Agibhran 
22310410085

Dosen Pengampu :
Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi
 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


 

 

Pernah nggak, kita lihat sampah berserakan di pinggir jalan dan mikir, "Bisa nggak ya kalo kita nggak bikin sampah begini?" atau "Mendingan kita yang beresin, biar lingkungan kita tetep bersih." Ya, itulah yang disebut kesadaran lingkungan. Tindakan nyata yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi lingkungan tempat kita tinggal. Coba deh bayangin, jika kita lagi piknik di taman Candi yang indah, Tiba-tiba kita lihat banyak sampah plastik berserakan yang bikin pemandangan jadi tidak enak dilihat. Itu adalah contoh sederhana dari kesadaran lingkungan, di mana kita sadar bahwa perbuatan kita, seperti membuang sampah sembarangan, bisa berdampak buruk pada keindahan alam. Jadi, kesadaran lingkungan itu bukan cuma jadi gaya hidup, tapi juga tentang menjaga tempat tinggal kita.

Before                                                          After  

                    

 

Bukti Kesadaran Lingkungan kedua yang saya lakukan yaitu pada saat saya melintas di dekat Sungai sebelah kampung saya. Waktu itu tanggal 5 Oktober 2023 Pukul 08.00 Pagi, Saya Prihatin ketika pinggiran Sungai dipenuhi oleh sampah dari orang yang tidak mau bertanggungjawab. Dengan hal itu saya inisiatif membersihkan dan memunguti sampah-sampah tersebut. Sampah daun saya sapu kemudian dipinggirkan agar membusuk alami kemudian, sampah-sampah plastik saya kumpulkan dan saya bawa ke tempat penyimpanan sampah di kampung saya. Pukul 09.30 sampah sebanyak 1300 gram terkumpul dan terlihat lebih enak dipandang lingkungan pun asri dan adem dilihat.


Before                                                             After        








Bukti Kesadaran Lingkungan kedua yang saya lakukan yaitu pada saat saya sedang keliling di sekitar Café Bantaran Opak tanggal 26 Oktober 2023 sekitar pukul 09.00 pagi, Saya melihat banyak sekali sampah kresek, plastik, botol, bekas wadah makan minum plastik yang berserakan. Padahal tempat tersebut seharusnya bersih dari sampah dikarenakan menjadi tempat makan minum wisatawan ataupun tamu yang akan berkunjung menikmati air terjun kali opak. Saya meminta izin membersihkan tempat tersebut dengan teman saya yang merupakan pemilik café tersebut. Saya memilah dan mengumpulkan sampah platik dan botol untuk dibawa pulang dan dikumpulkan di tempat penyimpanan sampah di kampung saya, Sampah terkumpul sebanyak 4200 gram. Sekitar Pukul 10.15 Pagi saya selesai membersihkan  sampah-sampah di area tersebut.

 

Jadi, setelah membersihkan sampah, kita bisa liat perubahan besar di sekitar kita. Lebih bersih, lebih asri, dan tentunya lebih nyaman buat kita semua. Kita buktikan bahwa  menjaga lingkungan itu nggak susah dan punya dampak positif buat kita, lingkungan sekitar, dan bumi tempat kita tinggal. Jadi, terus lah jaga kebersihan lingkungan, ya!

0 komentar:

Posting Komentar