Senin, 30 Oktober 2023

Essay 3 Melakukan Before After Membersihkan Lingkungan Lapangan Umum

Nama : Brigita Savira Priscillia

Nim   : 23310420094

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA




Topik

Kegiatan Before After membersihkan Lapangan Umum


Pengertian

Kegiatan yang mana akan difoto sebelum melakukan kegiatan, proses melakukan kegiatan dan setelah melakukan kegiatan.


Permasalah

Upaya untuk mengembangkan kebiasaan perilaku hidup sehat dan bersih serta menciptakan lingkungan yang baik

Gambaran tentang aktivitas-aktivitas untuk menciptakan lingkungan yang baik adalah mengembangkan kebiasaan atau perilaku hidup sehat.

Ringkasan

Kegiatan dilakukan pada 14 oktober 2023, pukul 07.00 WIB setelah melakukan kegiatan lari pagi. terlihat jelas bahwa dilapangan umum dekat pemukiman masyarakat ada beberapa bagian dipenuhi sampah plastik, kertas maupun kaca atau beling di ujung ujung lapangan. 

Kebersihan lingkungan mengacu pada kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai tempat sarana umum. Lingkungan yang bersih menjadi salah satu unsur yang harus ada, dibina, dan dikembangkan. Hal ini berkenaan pada peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik dalam menjaga kebersihan.

Kebersihan lingkungan berlandaskan pada suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran dan penyakit yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat. Dengan itu saya mencoba melakukan pengolahan dengan 3R ”Reduce, Reuse, Recycle”.

Mencoba memilah sampah sesuai dengan jenisnya untuk meminimalisir penumpukan sampah , kemudian sampah yang dapat didaur ulang seperti botol bekas dikumpulkan untuk ditukar ke TPS terdekat. 

Kurangnya perhatian dari ketua RT dan penduduk setempat terkait kebersihan lingkungan dan lapangan umum , sehingga di beberapa titik terlihat adanya penumpukan sampah. 


Diskusi

Kebersihan lingkungan berlandaskan pada suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran dan penyakit yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat. Seharusnya adanya perhatian dari RT / RW setempat terkait penggunaan fasilitas umum yang baik dan benar seperti lapangan tersebut, adanya perhatian untuk menjaga kebersihan dan fasilitas tong sampah setempat agar meminimalisir sampah masyarakat. 



0 komentar:

Posting Komentar