Minggu, 29 Oktober 2023

Psikologi Lingkungan Essay 3 Melakukan Kegiatan Before After PERDULI MASALAH SAMPAH & LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR KITA IKE PRASETYANI

 

Psikologi Lingkungan Essay 3 Melakukan Kegiatan Before After

PERDULI MASALAH SAMPAH & LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR KITA

 IKE PRASETYANI

NIM : 22310420127

Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Persoalan sampah selalu menjadi permasalahan yang tidak pernah selesai. Pasalnya, hampir setiap waktu seluruh komponen yang ada di bumi ini menghasilkan sampah dan residu. Mulai dari manusia, binatang, hingga mesin pun menghasilkan efek energi yang kurang berguna dan biasa kita sebut sebagai limbah (sampah). Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan hidup di sekitar kita.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan 35,93 juta ton timbuna sampah sepanjang 2022. Dilihat dari provinsinya, sampah terbanyak berasal dari Jawa Tengah. Provinsi ini menghasilkan 5,76 juta ton atau 16,03% dari total timbulan sampah nasional tahun lalu. Dilansir dari The Economist Intelligence Unit, Indonesia pada tahun 2017 pernah menduduki peringkat kedua sebagai penyumbang sampah makanan terbesar setelah Arab Saudi. Total sampah makanan yang dihasilkan mencapai 13 juta ton per tahun, yang apabila diambil rata-rata dengan jumlah penduduk saat itu, setiap orang menyumbang sampah makanan sebanyak 300 kg per tahun.

Melihat kenyataan masalah sampah ini, saya sebagai mahasiswa Psikologi UP45 tergerak untuk melakukan budaya membersihkan sampah disekitar tempat tinggal saya. Saya mulai dari hal terkecil yang bisa membuat lingkungan saya lebih bersih, sehat dan nyaman.

Saya melakukan kegiatan membersihkan sampah before dan after di lingkungan tempat tinggal saya :

1.       Hari Minggu Tanggal 24 September 2023 di penampungan sampah RT 2 RW 4 Mlati Dukuh Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta. Saya memulai jam 08.00 – 10.00 dengan membawa sapu, serok, dan cangkul. Saya awali dengan memilah sampah organik,anorganik dan residu. Sampah anorganik saya kumpulkan jadi satu dan nantinya saya bawa ke bank sampah Mraen. Sampah organik dan daun-daun kering saya kumpulkan dalam satu lubang dan akan saya proses untuk kompos. Setelahnya saya sapu bersih lingkungan tersebut, agar nilai estetikanya menjadi bersih, indah sehat dan nyaman.





2.     Pada tanggal 14 Oktober 2023 di lokasi Balai Pertemuan di RT 2 Desa Mlati Sleman Yogyakarta. Saya membawa peralatan sapu, serok, kain & alat mengepel, karbol obat pel lantai. Saya memulainya pada jam 08.00 – 10.00. Pertama yang saya lakukan adalah menyapu bersih lantai Balai Desa, lalu saya mengepel lantainya menggunakan air dan karbol obat untuk lantai. Setelah itu saya bersihkan meja kursinya menggunakan kain bersih dibasahi dengan air, setelahnya di lap menggunakan lap kering.

Setelah melakukan kegiatan before after pembersihan lingkungan saya, pak RT 2 Mlati Dukuh mengucapkan terimaksih dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan diikuti oleh warga lainnya. Kegiatan membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita harus dibudayakan dan dikerjakan rutin, sebaiknya juga bisa mengajak tetangga sekitar kita untuk ikut serta. Ini akan menumbuhkan rasa saling menjaga kesehatan lingkungan bersama, menumbuhkan rasa kerukunan dan solidaritas sesama warga. Karena dalam lingkungan yang sehat dan bersih, warga yang tinggal pun akan merasa nyaman dan produktif.

 

Referensi: https://databoks.katadata.co.id/infografik/2023/10/09/jawa-tengah-provinsi-penghasil-sampah-terbanyak-di-indonesia-202


0 komentar:

Posting Komentar