Selasa, 31 Oktober 2023

Essay 3. Kegiatan Before-After. Roda Yoni Manggala. 22310410086. SP

 

Kegiatan Before-After

Essay 3

Psikologi Lingkungan

Roda Yoni Manggala

22310410086

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





    Kebersihan lingkungan rnernpunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalarn kehidupan rnanusia. Menjaga kebersihan  lingkungan  sarna artinya rnenciptakan lingkungan yang  sehat,  bebas  dari kotoran,  seperti  debu,   sarnpahdan bau yang tidak  sedap.  Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan rnudah terserang berbagai penyakit  seperti dernarn berdarah, malaria, rnuntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkunganjuga sangat berpengaruh terhadap kenyarnanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedarnaian. Sernua ini dapat kita raih dengan rnelakukan perbuatan kecil dan sederhana, rnulai dari rnenjaga kebersihan lingkungan ternpat tinggal kita.

    Kebersihan lingkungan dirnulai dari lingkungan rurnah dan ternpat kita bekerja. Untuk kebersihan  lingkungan  di sekitar rurnah, kita lakukan dengan rnernbersihkan halarnan dan telajakan rurnah. Mari biasakan diridengan pola hidup bersih.Sarnpah yang dihasilkan rurnah tangga selanjutnya kita pilah rnenjadi tiga, sarnpah organik, sarnpah non organik dan sarnpah botol atau pecah belah. Dengan pernilahan jenis sarnpah ini akan sangat bermanfaat, sarnpah organik bisa kita jadikan kornpos sehingga berrnanfaat untuk rnenyuburkan tanah dan tanarnan.Sarnpah non organik kita kurnpulkan dan kita jual ke pengepul untuk didaur ulang sehingga rnernberikan nilai lebih. Sernentara itu untuk ternpat kerja, ciptakan suasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyarnan dalarn rnelakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Perlu juga  diatur jadwal untuk kegiatan  kerja  bakti  rnernbersihkan lingkungan kantor. 

    Pada hari  kamis tanggal 26 Oktober saya melakukan kegiatan bersih-bersih halaman masjid di dusun saya pagi-pagi sebelum saya berangkat kerja, saya melihat halaman yang kotor dipenuhi sampah daun-daun  kering dan plastik-plastik bekas makanan ringan yang dibuang oleh  anak-anak  ketika  mereka  selesai  mengaji  di  masjid,  saya  membersihkan  sampah• sampah tersebut dan mengumpulkan  di tempat pembuangan sampah agar halaman bersih dan nyaman  untuk dipandang  serta tidak menimbulkan  sarang  penyakit.  Kegiatan bersih• bersih ini  rutin saya lakukan  ketika saya ada waktu senggang sebelum atau sepulang  dari kerja.


Daftar Pustaka

https:lldlh.palembang.go.idlbaca-berita-149-jaga-kebersihan-mulai-dari-lingkungan-sekitar•
kita.html

0 komentar:

Posting Komentar