Minggu, 29 Oktober 2023

Essay 3 : KEGIATAN BEFORE-AFTER_Christoper Gracia Siregar_23310420056

KEGIATAN BEFORE-AFTER

Psikologi Lingkungan Essay III Meringkas Jurnal
Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA 

Christoper Gracia Siregar
(23310420056)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga negara di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup masyarakat, dan juga menjamin terjaganya kesehatan masing-masing individu. Aturan soal pengelolaan lingkungan hidup bahkan diatur dalam U No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam undang-undang tersebut berisi perencanaan upaya pelestarian lingkungan hidup sebagai fokus utamanya.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

Untuk berpartisipasi pada menjaga kebersihan lingkungan saya melakukan kegiatan before-after, lokasi yang saya pilih untuk melakukan kegiatan before after adalah lingkunga di JL.Tenggiri, Minomartani, Ngaklik. Dilikingan ini terkadang masih ada sampah-sampah rumah tangga yang telat diangkut oleh dinas kebersihan. Hal ini mengakibatkan banyakannya sampah yang kadang berserakan disekitar lorong jalan. Saya melakukan kegaiatan before-after ini pada hari minggu ditanggal 15&22 Oktober 2023, saya melakukan kegiatan ini kurang lebih pada pukul 17.00 WIB selama 30-60 menit.


Saya mengambil sampah-sampah yang tersebar di sekitar jalan, mulai dari botol aqua, tissue, kardus, hingga kaleng miniuman berkarbonasi. Untuk sampah yang terkumpul akan saya pisahkan berdasarkan jenisnya, dan nantinya akan saya serahkan ke bank sampah untuk ditimbang. Saya melakukan kegiatan ini dua kali dalam satu minggu untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan. Banyak manfaat dari melakukan kegiatan before-after ini menurut saya, mulai dari membantu menjaga kebersihan lingkungan, mengenal jenis-jenis sampah, mau bertanggung jawab dengan ke adaan lingkungan, hingga bisa menjadi nasabah bank sampah.

0 komentar:

Posting Komentar