Senin, 30 Oktober 2023

Psi.Lingkungan : E3. Kegiatan Before-after (Ahmad Faris Danardana _22310410080)

 

KEGIATAN BEFORE AFTER

Essay 3

Psikologi Lingkungan

 

Ahmad Faris Danardana

22310410080

 

Dosen Pengampu: Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A

 

Fakultas Psikologi

Universitas Psikologi ’45 Yogyakarta

 

Menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat itu bisa dilakukan oleh semua orang. Baik dari kalangan anak kecil hingga dewasa. Namun, kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat kurang disadari oleh masyarakat. Tidak jarang dengan berbagai alasan, masyarakat kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan sekitar. Seharusnya, masyarakat sadar dengan kebersihan lingkungan yang menjadi pondasi awal untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Namun, masyarakat terlalu lalai untuk mengingat hal itu. Bahkan di era teknologi yang sudah berkembang, pola pikir masyarakat masih belum berkembang terkait dengan pentingnya kebersihan lingkungan.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari sumber penyakit yang berkembang di sekitar lingkungan. Hal tersebut tentu berkaitan dengan pola hidup sehat masyarakat. Walaupun hanya sebatas sekitar rumah, tetapi lingkungan rumah menjadi faktor utama yang dekat dengan kehidupan manusia. Sehingga, menjaga kebersihan lingkungan rumah seharusnya sudah menjadi tanggung jawab setiap individu. Lingkungan rumah termasuk hal utama yang harus dijaga kebersihannya terlebih dahulu, karena sampah berawal dari lingkungan rumah

Bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lingkungan yang bersih, sehat, dan indah. Diantaranya adalah mempromosikan kegiatan Before-After seperti ini dan membuat chalenge di media sosial. Di bawah ini adalah salah satu contoh kegiatan before-after yang saya lakukan untuk membuat lingkungan menjadi bersih.

 

 

Kegiatan Before

 


 

Kegiatan before-after saya lakukan pada tanggal 5 Oktober 2023 pada pukul 16.30 WIB di sekitaran ponpes dekat rumah saya. Pada saat itu saya survei dulu tempat-tempat yang sekiranya banyak sampah berserakan. Terlihat banyak sekali sampah-sampah dalam berbagai jenis disitu. Setelah saya selesai survei selanjutnya pada sore hari saya melakukan pemungutan sampah-sampah tersebut. Karena untuk menyingkat waktu, maka saya kumpulkan dulu semuanya dan baru saya pilah-pilah sampah di rumah saya. Kendala yang saya temui adalah banyaknya sisa-sisa makanan yang ada di dalam kardus makanan yang sudah busuk dan baunya sangat menyengat sekali. Namun itu tidak menyurutkan niat saya untuk membersihkan lingkungan.


Kegiatan After

 


Akhirnya semua sampah telah saya kumpulkan dan bisa kita lihat bahwa jika lingkungan bersih maka mata kita memandangnya juga enak dan tentu saja tidak menjadi sarang penyakit di kemudian hari. Mungkin hari ini sampah di lokasi tersebut sudah bersih, tetapi tidak tahu untuk kedepannya. Maka dari itu saya juga menyampaikan kepada pengurus ponpes di dekat rumah saya untuk mengajarkan para santrinya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan saya menghimbau untuk melakukan pembuatan lebih banyak lagi tempat sampah yang ada di sekitaran ponpes tersebut, setidaknya untuk mengurangi santri-santri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar