Senin, 30 Oktober 2023

ESSAY 3 PSIKOLOGI LINGKUNGAN SEBELUM DAN SESUDAH MEMBERSIHKAN TEMPAT PUBLIK “BERSIHKAN LINGKUNGANMU, MULAI DARI DIRIMU SENDIRI” CHELSEA OKTAVIA ANJANI

 

ESSAY 3

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

SEBELUM DAN SESUDAH MEMBERSIHKAN TEMPAT PUBLIK

“BERSIHKAN LINGKUNGANMU, MULAI DARI DIRIMU SENDIRI”

CHELSEA OKTAVIA ANJANI

NIM 22310410027

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Saya adalah seorang mahasiswi dan pekerja. Setiap harinya kegiatan saya adalah bekerja dari hari Senin-Jumat, mulai pukul 7.30 hingga pukul 16.00. Kebetulan saat saya libur kerja pada hari Sabtu dan Minggu, saya menyempatkan untuk pergi berolahraga. Pada tanggal 23 September 2023 pukul 08.00 – 09.00 saya berinisiatif dengan berolahraga membawa kantong kresek untuk membersihkan sampah yang ada. Pada hari itu didekat rumah saya, ada sebuah Sungai yang kurang terawat sehingga ada sampah yang menumpuk. Sampah tersebut berupa kemasan plastik, sampah rumah tangga, dan masih banyak lagi. Lalu saya membersihkan tumpukan sampah tersebut yang ada di pinggir Sungai.

Setelah saya membersihkan sampah didekat Sungai, saya berkeinginan untuk membersihkan sampah kembali di tempat yang berbeda. Pada hari Minggu 24 September 2023 saya berencana untuk membersihkan sampah didekat lapangan yang saya sering berolahraga disana. Lebih tepatnya di Dusun Murangan, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akhirnya saya mantap memutuskan untuk membersihkan sampah yang ada disana pada pukul 08.00 hingga pukul 09.00.


Perlu disadari bahwa sampah bisa membuat pencemaran lingkungan dan merusak keindahan alam. Sampah plastik yang dibuang sembarangan berpotensi merusak dan mencemari lingkungan. Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia hasil dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah serta menempel pada tumbuhan yang tertanam di dalamnya, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu sampah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang pencemaranna bisa melalui udara, air, tanah. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyebaran penyakit. Sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat merusak ekosistem dan mengancam keberlangsungan hidup flora dan fauna di lingkungan tersebut.

Menyadarkan masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan Mengadakan kegiatan pembersihan lingkungan, seperti plogging atau gotong royong, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini juga dapat membangun rasa kebersamaan dan solidaritas di antara masyarakat.






0 komentar:

Posting Komentar