Minggu, 29 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Nur Achmad Fauzy Rahman 22310420164 Psikologi SP

 

KEGIATAN BEFORE AFTER SEHARI-HARI

DI SEKITAR TEMPAT TINGGAL

ESSAI 3 – BEFORE AFTER

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

 

Nur Achmad Fauzy Rahman

NIM 22310420164

Psikologi Lingkungan

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

              “Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Kebersihan merupakan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari.” Kebersihan lingkungan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran dan penyakit, yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat, dimana kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial (Lastriyah, 2011:83).

              Menurut Wulan (2014:23) menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan di tempat tinggal, tempat kerja, tempat sarana umum serta tempat produksi. Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tepat dan kegiatan yang dilakukan manusia.

              Mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman sebenarnya tidaklah sulit jika kita melakukannya dengan konsisten. Lingkungan akan tampak lebih indah jika kita rutin untuk membersihkan dan merawatnya.

Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkannya, hal terkecil yang dapat dilakukan yaitu selalu memastikan bahwa kondisi lingkungan sekitar nampak bersih minimal tidak banyak sampah berserakan.

Dengan kita memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, setiap orang termasuk kita akan merasa nyaman ketika memandangnya. Udara pun akan terasa lebih segar dan sehat, karena tidak ada aroma dari sampah yang menimbulkan bau tidak sedap.

Selain itu dengan memperhatikan serta membersihkan lingkungan secara konsisten akan meminimalisir sumber penyakit seperti Nyamuk, Lalat, dan Tikus.

              Salah satu kegiatan yang saya lakukan secara konsisten setiap hari, minimal satu kali sehari (pagi/sore) adalah menyapu dan menyirami lingkungan sekitar rumah saya dan jalanan yang menjadi jalur pejalan/kendaraan umum warga sekitar.

Karena saya mempersilahkan dan mengijinkan orang lain untuk melewati halaman rumah saya yang saya jadikan jalan umum.

Oleh sebab itu, saya harus memperhatikan kebersihan lingkungan saya agar orang lain merasa nyaman ketika melihat dan melewati halaman rumah saya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan before after yang rutin saya lakukan, setidaknya memakan waktu satu jam per hari.

 


              Kegiatan before after dalam foto di atas saya lakukan pada hari Minggu, 29 Oktober 2023 pukul 16:30 hingga 17:30.

Dengan melakukan kegiatan bersih-bersih secara rutin dan konsisten, akan menciptakan suasana lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Tidak hanya dirasakan oleh saya, namun akan dirasakan juga oleh orang lain yang memandangnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Lastriyah. 2011. Kebersihan Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulan. 2014. Konsep Dasar Kebersihan Lingkungan. Bandung: Remaja Rodaskarya.

0 komentar:

Posting Komentar