Selasa, 31 Oktober 2023

Essay 2. Plogging. Roda Yoni Manggala. 22310410086. SP


Plogging

Essay 2

Psikologi Lingkungan

Roda Yoni Manggala

22310410086

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




    Plogging adalah olahraga lari yang populer di Swedia. Kata Plogging sendiri diambil dari kombinasi antara kata "jogging" dan istilah Swedia, "plocka upp", yang artinya mengambil. Plogging kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar. Olahraga ini digagas oleh seorang ahli lingkungan bernama Erik Ahlstrom yang tergerak untuk membersihkan kota Stockholm di Swedia. Menurut Ahlstrom, Stockholm saat itu kotor dan mirip seperti tempat pembuangan sampah. Masyarakat Swedia pun mulai ramai mempraktikkan  Plogging pada 2016.

    Pada hari jumat tanggal 27 Oktober pukul 15.45 sore saya melakukan plogging di wilayah pantai cangkring sanden bantul, saya berjalan dan berlari-lari kecil sambil memunguti beberapa sampah yang ada di pantai, kegiatan tersebut saya lakukan bukan hanya untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh dosen tetapi saya lakukan juga untuk menjaga kebersihan di sekitar pantai sekaligus saya berolahraga menjaga badan saya agar tetap sehat dan bugar, kegiatan plogging yang saya lakukan cukup asik dan seru karena saya melakukan di pantai sembari menikmati indahnya pemandangan laut dan melihat orang• orang bermain air.

    Dengan setiap langkah, tidak peduli seberapa kecilnya, kita telah berkontribusi untuk melestarikan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pelestarian ekosistem darat. Jika seluruh dunia memanfaatkan waktu dan energi mereka untuk memungut sampah di sepanjang jalan, perubahan besar telah kita mulai dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelamatkan bumi ini.  Plogging juga bermanfaat untuk fisik kita. Tindakan seperti membungkuk untuk mengambil objek dan meluruskan lagi adalah cara yang bagus untuk memperkuat pinggang dan kaki kita.  Dengan melakukan Plogging, olahraga jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Setiap orang dapat 
menyesuaikan durasi  latihan  dan panjang rute sesuai  dengan kemampuan fisik masing•
masing.  Oleh karena itu,  Plogging cocok dilakukan oleh segala usia.


Daftar Pustaka
https://blog.olahkarsa.com/plogging-olahraga-sambil-menjaga-lingkungan/

0 komentar:

Posting Komentar