Senin, 30 Oktober 2023

Psiling Essay 3: Before - After ( Naufal M Akbar Lubis - 22310420087


Psikologi Lingkungan 

Essay 3 

Kegiatan Before-After


Naufal M Akbar Lubis

NIM : 22310420087

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta M.A

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

 

Dalam kegiatan peduli kali ini adalah kegiatan before-after. Kegiatan lingkungan "before and after" adalah metode yang digunakan untuk memvisualisasikan dampak positif dari upaya pelestarian lingkungan atau proyek-proyek yang bertujuan untuk membersihkan, menghijaukan, atau memperbaiki suatu area. Metode ini sering digunakan untuk memotivasi dan mengilustrasikan perubahan yang telah terjadi seiring waktu. Kegiatan ini sangat viral di sosial media, sebagai contoh pada akun Tiktok “Pandawara”. 

Pandawara sendiri merupakan sekelompok anak muda yang melakukan kegiatan ramah lingkungab, dengan mendatangin tempat yang sangat penuh dengan sampah dimana kemudian mereka melakukan aksi bebersih dilokasi tersebut. Aksi yang dilakukan Pandawara tersebut memberikan respon yang sangat baik. Respon berasal dari netizen, warga sekitar, hingga media massa. 

Saya Naufal sebagai mahasiswa Psikologi Lingkungan,juga melakukan hal yang kecil dari kegiatan before-after lingkungan. Kegiatan dilakukan di kawasan komplek perumahan yang berdekatan dengan sawah. Lokasi ini menjadi sarang sampah yang menumpuk. Sampah yang menumpuk didominasi oleh jajanan anak kecil berabahan plastik, dedaunan, hingga perabotan rumah tangga berbahan plastik. Sampah yang saya kumpul biasanya ada yang dapat dijual seperti botol plastik, botol kaca, bebahan goni, dan kardus. Untuk tumpukan kardus dihitung Rp. 7.000 untuk 2 kg, botol plastik dan botol kaca dihitung Rp. 3.500 untuk 1 kg, bebahan goni dihitung Rp. 500 untuk 1 lembar goni beras.

 

BEFORE


AFTER

Kegiatan "before and after" adalah alat yang efektif untuk mengilustrasikan perubahan positif yang telah terjadi dan menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta berpartisipasi dalam usaha pelestariannya. Dengan penggunaan foto, video, atau narasi yang kuat, kegiatan ini memperlihatkan bagaimana tindakan kita dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pelestarian lingkungan.

 

0 komentar:

Posting Komentar