Sabtu, 28 Oktober 2023

PLOGGING GAYA HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN BERSIH Disusun Untuk Memenuhi Tugas Essay 2 Melakukan Kegiatan Plogging vina anggraini yosi ningrum

 

PLOGGING GAYA HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN BERSIH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Essay 2 Melakukan Kegiatan Plogging Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA



vina anggraini yosi ningrum

22310410105 ( SP )

Kesadaran masyarakat  terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh kian disadari, saat ini banyak masyarakat yang telah peduli terhadap kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan seperti pergi lari pagi, lari sore, senam pada hari minggu,dan pergi ke tempat olahraga seperti gym. Selain itu masyarakat kini telah sadar akan kebersihan lingkungan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

            Seperti di desa saya tinggali saat ini, hanya terlihat beberapa sampah yang berserakan di beberapa lokasi yang saya lewati ketika sedang jogging sore ,terlihat masih banyak sampah botol bekas yang berserakan dipinggir sungai maupun persawahan,untuk itu sebagai mahasiswa generasi z saya akan brusaha menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dengan cara melakukan kegiatan berlari sambal mengambili sampah yang berserakan dan di buang ke tempat sampah yang telah disediakan tau bias disebut dengan plogging. Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan menciptakan lingkungan yang sehat terbebas dari sampah.

 Plogging atau lari laun pungut dalah kombinasi dari lari laun dengan memungut sampah yang berserakan. Ini dimulai sebagai kegiatan terorganisir di Swedia sekitar tahun 2016 dan menyebar ke negara lain pada tahun 2018, menyusul meningkatnya kekhawatiran tentang polusi plastik.

Sebagai  mahasiswa saya merasa puas dengan kegiatan yang saya lakukan  karena  tidak hanya memberikan manfaat bagi saya dan lingkungan, namun juga  orang lain dan lingkungan. Kedepannya saya akan mencoba menghubungkan dengan tempat lain dimana saya bisa berolahraga dan membersihkan area sekitar sambil berolahraga. Bukan hanya saya sendiri, kedepannya saya juga ingin mengajak  lebih banyak teman. Menurut saya plogging ini mempunyai dampak positif terhadap lingkungan. Sebab sampah plastik dan jenis sampah lainnya dapat mencemari lingkungan. Dalam jangka panjang, hal ini merugikan keseimbangan alam dan keanekaragaman hayati. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menjadi tempat berkembang biaknya penyakit dan menciptakan lingkungan yang tidak sehat bagi manusia.



Plogging yang saya lakukan ini pada sore hari sekitar pukul 16.00 wib hingga 17.00 wib saya melakukan plogging Bersama kakak saya di sekitar desa saya sendiri. Jarak yang saya tempuh pda plogging ini kurang lebih 2 km. dalam plogging ini kami hanya mengumpulkan sampah botol plastic yang berserakan dan kami membawa sampah tersebut untuk dikumpulkan agar bisa dijual ke pembeli rosok keliling. Saat saya melakukan plogging di tepi jalan ada bebrapa orang yang penasaran dan menanyakan apa yang sedang saya lakukan dan masyarakat tersebut sangat mengapresiasi kegiatan ini 




0 komentar:

Posting Komentar