Senin, 30 Oktober 2023

Essay 3 Kegiatan Before After Oktaviana Wahyuningtyas

 

Essay 3 Kegiatan Before After

Oktaviana Wahyuningtyas

22310410106

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr., Dra Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

            
           

Kegiatan before after terhadap sampah sekarang sudah banyak di sosial media dan sempat viral pada masanya. Hal tersebut merupakan salah satu cara agar masyarakat dapat melakukan kegiatan peduli terhadap lingkungan walaupun tidak semua masyarakat tergerak untuk melakukan kegiatan tersebut. Dapat di buktikan dengan masih adanya sampah yang menumpuk di pinggir jalan, dan di sungai.

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban semua masyarakat yang ada di sekitar wilayah tersebut, atau masyarakat yang mengetahui jika ada lingkungan yang kotor sebaiknya segera di bersihkan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah lingkungan yang bebas dari berbagai penyakit seperti demam berdarah, bebas dari kotoran seperti debu dan sampah. Jika kita memiliki lingkungan yang bersih maka lingkungan akan lebih sehat dan sejuk, air menjadi lebih bersih, dan lebih memudahkan kita saat melakukan kegiatan.

Pada hari jumat tanggal 27 oktober 2023 saya melakukan kegiatan befor after yang pertama di bawah jembatan jombor drajad. Saya melakukan kegiatan before after bersama teman di desa saya pada pukul 07:15 sampai 08:00 pagi ada berbagai macam sampah yang saya temukan seperti sampah plastik, botol minum, mika, dan sampah sayuran. Sampah tersebut saya sendirikan sesuai dengan jenisnya selanjutnya sampah botol saya bawa pulang, sampah plastik dan sayuran saya antar ke TPS terdekat di desa kadibolo.

Selanjutnya kegiatan before after yang ke dua saya lakukan pada hari minggu tanggal 29 oktober 2023 di jalan jombor ngabetan. Yang ke dua saya lakukan bersama adik pada pukul 04:00 sampai 05:10 sore hari. Berbagai macam sampah saya temukan hampir sama dengan yang pertama kali seperti plastic, botol minum, dan sampah sayuran. Sampah tersebut saya pilah lalu sampah sayuran dan plastik antar ke TPS terdekat di desa kadibolo.

Sampah botol yang sudah saya kumpulkan selama melakukan kegiatan before after selama 2 hari kurang lebih 2 kilogram. Selanjutnya saya jual kepada tukang rosok yang sering lewat depan rumah saya dan mendapatkan uang sebanyak Rp.3.000. Setelah melakukan kegiatan tersebut lingkungan akan lebih bersih dan enak di pandang oleh mata. 




0 komentar:

Posting Komentar