Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Pascalin Sari Asih 21310410192 Psikologi SP

 

MEMANJAKAN MATA DENGAN LINGKUNGAN YANG BERSIH

 BONUS SEHAT DAN NYAMAN, LAKUKAN BEFORE AFTER

Esai 3 – Before After

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu :Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Pascalin Sari Asih – 21310410192

Before after yang saya maksud adalah membersihkan lingkungan publik contohnya pantai, sungai, jalanan, atau tempat publik lainnya. Sampah seringkali menjadi gangguan bagi kehidupan manusia. Bukan hanya karena masalah terganggunya keindahan tempat tinggal yang kita diami, atau seringnya sampah menyumbat saluran air, melainkan kerapnya berbagai macam penyakit menyerang manusia yang diakibatkan dari lemahnya penanganan sampah itu sendiri.

Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu,  sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Pada hari senin, 18 september 2023, di jam 09.32 – 15.20 saya dan tiga orang rekan saya melakukan before after yang pertama. Kegiatan ini kami lakukan di sungai daerah angsana condongcatur.


Before :


Sebelum melakukan kegiatan kami sempat mengobrol dengan warga setempat, beliau adalah pak wawan yang sedang membersihkan area jembatan dekat sungai. Beliau sangat mengapresiasi dan mempersilahkan kami dan berterimakasih sudah peduli.

Ada beberapa jenis sampah yang kami temui di sungai ini, namun lebih banyak sampah plastik dan daun yang kami kumpulkan dan bebrapa sampah botol, namun tidak sedikit kami juga menemukan bangkai hewan seperti, tikus, kucing bahkan ular. Dengan bau yang sangat menyengat dan menyekat tengorokan, kami tidak gentar dan terus bekerja.

Sampah yang sudah kami kumpulkan ada 2 plastik besar, belum sempat kami pilah namun pak wawan datang dan beliau memberi tahu bahwa temannya adalah seorang pengepul sampah, jika berkenan beliau ingin membantu membawanya. Karena hari sudah sore kami memutuskan memberikan sampah tersebut kepada pak wawan dengan harapan dan terimakasih kami.


After :

 

Lokasi kedua kegiatan before after saya dibantu 5 orang rekan saya. Kegiatan ini kami lakukan pada sabtu, 21 september 2023 di jam 18.45 – 20.00 lokasi yang kami pilih dekat alun-alun kidul sepanjang jalan Langenarjan. Jenis sampah yang kami temui kebanyakan adalah sampah botol bekas minuman atau kemasan namun juga ada sampah plastik dan dedaunan, untuk sampah botol dan plastik kami sediakan karung dan untuk sampah daun kami jadikan satu tempat di salah satu tempat sampah pingir jalan.

Before :

Sampah botol yang kami kumpulkan,  sekisar 2kg kami jual ke pengepul sampah majasem, prambanan diwakilkan rekan saya  dan mendapat uang sebesar Rp. 3.000 (botol kotor per kg seharga Rp. 1.500) dan mendapat uang Rp. 200,- untuk sampah kresek 1 kg.

After

                            
Dari kegiatan before after ini banyak manfaat yang bisa saya dapat, beraktifitas melakukan pergerakan sama dengan olahraga ringan badan lebih segar karena berkeringat, bisa menikmati lingkungan yang bersih dan nyaman bahkan menghasilkan uang. Seperti pepatah mengatakan “sekali  mendayung, dua tiga pulau terlampaui”.

Jadi mari bersama menjaga kebersihan lingkungan kita, di mulai dari diri kita, teman kita, dan orang sekitar kita. Dimanapun kita tidak rugi untuk mulai mencoba aksi BEFORE AFTER.








 

0 komentar:

Posting Komentar