Senin, 30 Oktober 2023

Psiling Essay 3: Before - After ( Resdika Meihaf Putra _ 22310410089/SP)

 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

ESSAY 3

Before - After

RESDIKA MEIHAF PUTRA

 22310410089


DOSEN PENGAMPU: DR., DRA. ARUNDHATI SHINTA MA

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

 

 

BEFORE - AFTER TERKAIT SAMPAH

 

Hari ini senin, tanggal 12 oktober 2023 sekiranya pukul 15.30 WIB saya melakukan aktivitas olahraga joging di sekitar tempat tinggal saya. Kegiatan tersebut saya lakukan dengan teman saya, tujuan dari joging yang saya kerjakan adalah untuk menjag kesehatan.

Kegiatan joging ini saya lakukan selama 1 jam dan sekitar pukul 16.30 kegiatan joging yang saya lakukan selesai akan tetapi, saya melihat halaman rumah saya banyak sampah yang menumpuk 

 

 


 

Tanpa pikir panjang saya langsung membersihkan sampah tersebut, dan sebelum membersihkan sampah tersebut saya mencari peralatan dan juga kantong untuk ytempat sampah tersebut

 

 


 

Sampah yang saya nkumpulkan saya pilih dan saya pilah menjadi sampah yang mudah terurai atau organik dan sampah yang sulit untuk terurai atau anorganik 

Sampah organik meliputi daun, rumput, kertas, dll dan sampah anorganik meliputi plastik, botol bekas dan lain-lain

Setelah sampah yang saya pilih itu sudah terpilah-pilah lalu sampah anorganik saya gunakan untuk saya daur ulang menjadi kerajinan maupun yang lain sedangkan sampah organik juga saya manfaatkan untuk di gunakan menjadi kompos

 



 

Setelah saya bersihkan akhirnya halaman rumah saya terlihat bersih. Selain saya melakukan kegiatan olahraga untuk kesehatan saya juga melakukan kegiatan membersihkan lingkungan untuk kesehatan lingkungan.

 

 Tanggal 11 Oktober 2023 Pukul 15.00 WIB saya melakukan kegiatan olahraga baru yang selama ini belum ada di lingkungan rumah saya yang bernama ploging. Ploging adalah sebuah trend aktivitas yang datang dari negara Swedia ini dikenal menyehatkan sekaligus ramah lingkungan. 

 

Plogging dapat diartikan sebagai aktivitas jogging yang dibarengi dengan aksi pungut sampah. Hal ini dimulai dari kepedulian segelintir orang yang hobi lari pagi tentang sampah yang ada di sekeliling mereka. Alhasil, mereka berniat untuk membantu membersihkan sampah-sampah yang ada pada sepanjang rute jogging. Caranya adalah dengan berhenti sejenak dan mengambil sampah disela-sela aktivitas jogging.

 

Kegiatan ploging sore ini saya lakukan di sekitar kampung rumah saya. Kali ini saya lakukan bersama teman saya. Saya joging sambil memunguti sampah dan hasilnya bisa mendapatkan sampah 2 kg. Sampah yang saya kumpulkan meliputi botol-botol bekas, Sampah plastik dan yang lain-lain. Sampah-sampah tersebut akan saya kumpulkan di rumah dan akan saya pilah-pilah dan kemudian akan saya manfaatkan untuk kerajinan dan sisanya akan saya jual ke tukang rosok. 

 

Kegiatan ploging ini selain bisa menyehatkan badan juga berakibat positif terhadap kebersihan lingkungan. Karena disamping kita melakukan joging juga kita bisa memunguti sampah untuk kebersihan lingkungan dan dapat kita jual hasilnya untuk tabungan kita. Meskipun dampaknya tidak cukup besar minimal kita sudah memberikan contoh kepada masyarakat dan juga dapat memasarkan jenis olahraga baru yang menyehatkan dan juga ramah lingkungan.

Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kegiatan menyehatkan dan ramah lingkungan yaitu ploging. 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar