Rabu, 25 Oktober 2023

Psi.Lingkungan : E2. Kegiatan Plogging ( Alfian Mauli Awaludin_22310410095 )

 

ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

KEGIATAN PLOGGING SEBAGAI TREN DUNIA YANG MENYEHATKAN

Alfian Mauli Awaludin

22310410095

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A

PRODI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Plogging, kegiatan ini akhir-akhir ini menjadi sebuah tren di Masyarakat Indonesia, apalagi di kalangan aktivis-aktivis peduli lingkungan, plogging sendiri sudah dikenal pertama kali oleh Masyarakat swedia, kegiatan ini digagas pertama kali oleh ahli lingkungan Bernama Erik Ahlstrom di Stockholm, swedia. Menurutnya kota Stockholm masa itu sangat kotor sehingga dia beserta warga swedia mempraktikkan kegitan plogging tersebut pada tahun 2016. Plogging sendiri diambil dari istilah Jogging dan plocka upp yang berarti menggambil dalam Bahasa swedia, kemudian plogging dikenal sebagai kegiatan olahraga lari sembari mengumpulkan sampah yang berserakan dijalanan. Kegiatan ini selain juga membantu menggurangi pencemaran lingkungan terutama limbah plastic kegiatan ini juga bermanfaat meningkatkan kebugaran tubuh serta sebagai salah satu cara penyebaran tentang isu lingkungan yang positif.

Dengan begitu, pada 24 september saya melakukan praktek kegiatan plogging di sekitar komplek seusai shalat subuh selama kurang lebih 2 jam dari pukul 05.00- 07.15 sampah yang terkumpul kebanyakkan adalah sampah botol plastic dan wadah bekas makanan. Setelah terkumpul saya pisahkan sampah kemudian saya simpan di Gudang garasi rumah, dikarenakan hari minggu sehingga penggepul dan bank sampah di tutup.

Plogging 1

 

Selanjutnya saya melakukan Kembali plogging pada tanggal 25 september dari belakang komplek sampai ujung desa melewati persawahan pada saat ini saya melakukan plogging pada sore hari sekitar pukul 15.00 sampai 16.25, durasi plogging hari ke 2 ini memang singkat namun sampah yang terkumpul lebih banyak dibanding hari pertama, mungkin karena lokasinya lebih jauh dan di area persawahan, jenis sampah yang di dapat pun lebih beragam dari kardus, botol plastic,kemasan dan lain sebagainya. Sampah kemudian saya kumpulkan Bersama dengan hasil plogging hari pertama

Plogging 2



Sampah yang saya kumpulkan 2 hari melakukan kegiatan plogging terkumpul sebanyak 2 kantong plastic besar 1 kantong kecil namun hasil tersebut tidak langsung saya kumpulkan ke pengepul karena setelah itu saya mendapatkan info bahwa pemuda kampung saya akan mengadakan pengumpulan sampah guna sebagai dana untuk hari sumpah pemuda yang akan dilaksanakan, setelah saya berikan hasil 2 hari plogging tersebut kepada pemuda kampung, saya mendapatkan informasi bahwa sampah 1 kampung tersebut terjual sebanyak Rp 585.600



0 komentar:

Posting Komentar