Minggu, 29 Oktober 2023

Tugas Essay 4 : Melakukan Kegiatan Plogging Pribadi_EvanPrimaPohan_23310420033

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Essay 4 : Kegiatan Plogging

Evan Prima Pohan
23310420033
Dosen Pengampu : Dra. Arundati Shinta, M.A.


Dalam era perubahan iklim yang semakin terasa, kepedulian terhadap lingkungan menjadi semakin mendesak. Inovasi dan tindakan berkelanjutan mulai mendapatkan tempat di kehidupan sehari-hari. Salah satu tren yang semakin populer adalah "plogging" – gabungan olahraga lari dan upaya pelestarian lingkungan. Saya secara tak sengaja merasakan dorongan untuk memulai plogging setelah mengamati dampak sampah di sekitar area jalan Pesona Alam, Sedayu, Bantul saat pulang dari kampus.

Pada tanggal 20 Oktober 2023, saya memutuskan untuk melaksanakan plogging pertama saya. Persiapan saya seperti layaknya ketika orang-orang akan berolahraga, saya mengenakan pakaian yang nyaman, tas pouch, topi andalan saya pasang, bersiap dengan sepatu lari, dan membawa beberapa lembar kantong plastik sebagai senjata tempur saya melawan sampah.

        Pada pukul 06.00 pagi, saya mulai berlari dari kontrakan saya, ditemani pasangan saya. Saat masih didalam komplek perumahan, masyarakat setempat sepertinya memahami pentingnya menjaga kebersihan, terbukti, jalan yang saya lalui relatif bersih, walaupun tetap masih ada sampah-sampah kecil yang berterbaran. Memang, warga disini rutin melakukan kerja bakti saat hari minggu untuk membersihkan lingkungan komplek.

Setelah keluar dari komplek perumahan barulah saya memulai memungut sampah-sampah yang dapat saya jangkau di jalan, sambil kadang melanjutkan berlari kearah utara sesuai jalur yang ada. Mayoritas sampah yang saya pungut merupakan sampah plastik bungkusan makanan dan sampah tissue yang tampaknya dibuang begitu saja ketika selesai digunakan.

Tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 07.45 Pagi, saya dan pasangan memutuskan untuk menyudahi kegiatan. Lumayan, satu plastik ukuran sedang penuh sampah dari jalanan yang saya lewati plus, baju basah yang menandakan saya aktif berolahraga.

Setelah mengumpulkan sampah, saya membawanya pulang dan memutuskan untuk membuangnya di tempat sampah umum yang dekat dengan rumah saya. Langkah sederhana ini, saya rasa lebih efektif dan efisien, menghindari sampah terlantar di jalan.

Plogging ke dua saya lakukan pada tanggal 25 Oktober 2023. Lokasi kedua ini berada di Jl. Pedusan, Argorejo, Bantul. Dikarenakan lokasi berada lumayan jauh dari kontrakan saya, saya memilih untuk berangkat ke lokasi menaiki sepeda motor.

Saya sampai di lokasi sekitar jam 4 sore. Disana hanya terlihat beberapa petani dan anak muda yang sedang bermain laying-layang. Setelah melakukan sedikit pemanasan, saya pun mulai berlari sepanjang trek Jalan Pedusan. Tidak lupa saya mengambil sampah yang bisa saya jangkau.

Tampaknya kesadaran penduduk terhadap sampah masih sangat rendah, terlihat dari tumpukan sampah yang mengotori pinggiran jalan. Pemandangan ini dianggap biasa oleh warga, karena sejauh saya menggambil sampah tersebut, mereka hanya lewat tanpa menyapa atau bertanya tentang kegiatan saya.


Terlarut dalam kegiatan, saya tidak menyadari bahwa ternyata matahari sudah siap untuk beristirahat. Saya pun kembali ke rumah saya, setelah sebelumnya mengantarkan sampah yang sudah saya ambil ke tempat penampungan sampah umum di daerah saya.

Melalui pengalaman plogging ini, saya berharap dapat memotivasi dan mengedukasi orang-orang tentang pentingnya menjaga lingkungan. Semoga tindakan sederhana ini bisa menjadi contoh bagi yang lain, sehingga bersama-sama kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak sampah di sekitar kita.

,

 

 Oleh : Evan Prima Pohan

 

  

0 komentar:

Posting Komentar