Selasa, 31 Oktober 2023

Essay 2. Plogging. Thoriq Safrizal. 22310410084. SP


Plogging

Essay 2

Psikologi Lingkungan

Thoriq Safrizal

22310410084

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


    Kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan dapat diartikam sebagai menciptakan sebuah lingkungan yang sehat sehingga tidak gampang terserang atau terkena berbagai macam penyakit yang kapan saja bisa menyerang kita. Kebersihan lingkungan ini meliputi kebersihan tempat tinggal, tempat bersekolah, tempat berkerja, dan berbagai sarana umum lainnya (Heriyanti, 2013).

    Permasalahan yang terjadi saat ini, banyak kita temui lingkungan sekitar kita berserakan oleh sampah. Banyak yang membuang sampah di sembarang tempat meski sudah disediakan tempat sampah. Hal ini tentu saja membuat lingkungan menjadi kotor sehingga kita tidak nyaman untuk berkegiatan di tempat tersebut. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan serta mengatasi permasalahan sampah yang berserakan di jalan, salah satunya adalah dengan plogging.

    Kata plogging berasal dari dua kata dalam Bahasa Swedia plocka upp yang mempunyai arti memungut, dan jogging yang berarti lari-lari kecil. Artinya , plogging adalah jogging atau lari kecil sambal memunguti sampah yang ada pada rute yang kita lewati saat berlari. Kegiatan plogging memilii banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Pada saat melakukan plogging, kita bisa berolahraga yang tentunya menyehatkan diri kita sekaligus membersihkan lingkungan sehingga lingkungan menjdi sehat.

    Pada tulisan ini, saya ingin membagikan pengalaman plogging yang telah saya lakukan. Pada plogging pertama, saya melakukan plogging dari rumah menuju rumah sodara yang berjarak kurang lebih 1 km. Di sepanjang perjalanan menuju rumah sodara, saya memungut sampah yang terlihat. Kegiatan ini saya lakukan Bersama ibu saya pada hari   Minggu, 24
September 2023 mulai pukul 09.00 hingga 10.15. Pada plogging pertama ini kami dapat mengumpulkan sampah sebanyak satu kantong besar. Sampah yang terkumpul saya buang ke TPS (Tempat Pemrosesan Sampah) terdekat.

(Plogging 1)

    Pada plogging kedua, saya melakukan di sepanjang jalan di sekitar rumah. Jarak yang saya tempuh kurang lebih 2 km. Disepanjang jalan saya Bersama teman berlari-lari kecil sambal memunguti sampah. Kegiatan ini saya lakukan pada hari Minggu, 1 Oktober 2023 mulai pukul 07.00 sampai 09.30. Sampah yang terkumpul sebanyak satu katong berukuran sedang. Sampah yang terkumpul saya buang ke TPS (Tempat Pemrosesan Sampah) terdekat.

(Plogging 2)

    Alasan saya melakukan plogging karena ada banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kegiatan plogging. Manfaatanya tidak hanya untuk diri sendiri namun lingkungan juga menjadi
sehat. Melakukan kegiatan plogging dapat mengurangi sampah yang berserakan di jalanan sekitar kita sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar