Minggu, 29 Oktober 2023

Essay 3 Before-After Membersihkan Fasilitas Umum JEC Psikologi Lingkungan

Nama : Endy Zhuans Saputra

Nim   : 22310410071

Kelas : Reguler A1

Mata kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr, Dra. Arundati Shinta MA


Tempat 1


Tempat 2


Topik

Membantu Membersihkan Fasilitas Umum

Sumber

Endy Zhuans Saputra “ Kegiatan Before after Membersihkan sampah di JEC pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2023 pukul 10 - 11 dan 15 – 16.30”

Permasalahan

JEC (Jogja Expo Center) merupakan sebuah gedung serbaguna yang terletak di Yogyakarta, gedung ini biasanya berfungsi sebagai pusat pameran dan acara MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).  

 

Pada saat ada event di tempat ini menjadi sangat ramai akan pendatang entah warlok atau luar kota serta ketika ada event yang di adakan banyak juga stand makanan dan minuman yang tersedia di Jec ini. Permasalahannya ada pada di konsumen yang setelah makan dan minum tidak memperhatikan sampah yang mereka hasilkan dengan membuang sampah sembarangan di sudut-sudut tempat agar tidak terlalu terlihat pada saat event berlangsung, tentunya tidak sedikit orang yang melakukan hal tersebut di bagian belakang jec lebih banyak sampah yang di tinggalkan begitu saja.

Tempat 1

Mengapa saya mengambil jec sebagai tempat untuk before after? Sebelumnya saya juga ada tugas plogging dan saya berpikir mengapa tidak jadi 1 tempat saja?

 

Pada akhirnya saya mengerjakan tugas dan berolahraga secara bersamaan. Saya memilih halaman depan jec karena di sana banyak berserakan sampah-sampah mulai dari botol minuman, gelas plastik ,kardus tempat makanan, dan dedaunan kering. Kami mulai bersih bersih pukul 10.00 s/d 11.00 wib tidak ada kendala dalam kegiatan ini berjalan dengan lancar . saya melakukan kegiatan ini bersama 3 teman saya yang merupakan teman kelas juga yaitu, Syahrul, Chandra, dan Ammar.

Saya menggunakan trash bag untuk wadah sampah sampah yang kami bersihkan ada sekitar 2kg sampah yang kami bersihkan. Kami beristirahat di kost teman untuk melanjutkan sesi ke dua di jec.

Tempat 2

Setelah beristirahat di kost teman saya dan teman-teman pun melanjutkan sesi kedua plogging dan before-after.

 

Pada pukul 15.00 s/d 16.30 Kami berkeliling jec dan menemukan bahwa sampah di bagian belakang jec itu juga hampir sama banyak nya dengan halaman depan kami mengumpulkan total 4/5 kg sampah. Dengan sampah sampah itu saya dan teman-teman berencana untuk menaruhnya atau menabungnya di bank sampah.

Diskusi

-        Event yang di adakan di JEC tidaklah sedikit dalam 1 bulan bisa ada beberapa acara dan juga kurangnya petugas kebersihan yang mengelola tempat tersebut menjadi pemicu sampah bertebaran dimana-mana. Kemungkinan di tambahnya personil atau jadwal kebersihan di jec dapat meningkatkan tempat tersebut menjadi terawat dan enak untuk di pakai santai disana ketika tidak ada event yang berlangsung.

 

-        Kurangnya kesadaran atas kebersihan masing-masing menjadi awal suatu tempat menjadi lebih tak terawat di kemudian hari. Mereka yang berpikir membuang sampah secara sembarangan tidak apa apa asal jumlahnya sedikit akan memicu orang-orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dan kurangnya tempat sampah di jec juga menjadi pemicu para pendatang untuk melakukan hal tersebut.

 

0 komentar:

Posting Komentar