Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Deni Mulyanto 21310410185 Psikologi SP

 




HIDUP SEHAT DENGAN LINGKUNGAN YANG BERSIH

CIPTAKAN KENYAMANAN DAN KEINDAHAN, LAKUKAN BEFORE AFTER

 

Essai 3 – Before After

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Deni Mulyanto – 21310410185

 

 

Sampah plastik memang kerap menjadi salah satu sumber permasalahan di berbagai tempat, mulai dari bau yang tidak sedap, tempat yang kotor, dan menjadi penyebab meluapnya Sungai. Hal tersebut bukan hanya menjadi masalah pada keindahan lingkungan ataupun kenyamanan, akan tetapi akan menjadi masalah kesehatan. Mulai dari pencemaran air, kuman serta bakteri yang bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat, untuk itu kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk terus dijaga sampai kapan pun. Dengan adanya lingkungan yang bersih kitab isa terhindar dari berbagai macam penyakit, mari mulai jaga kebersihan lingkungan mulai dari melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Senin, 18 September 2023 pukul 09.32-15.20 saya bersama dengan 3 rekan saya melakukan kegiatan before after yang pertama di sungai daerah angsana condongcatur. Saat akan melakukan kegiatan tersebut kami sempat melakukan sedikit perbincangan dengan warga sekitar yang sedang membersihkan area jembatan, beliau mempersilahkan kami untuk melakukan kegiatan tersebut. Beberapa jenis sampah yang terdapat disungai tersebut kebanyakan adalah botol bekas, plastik dan bahkan juga ada bangkai hewan. Hal tersebut cukup merepotkan karena bau nya yang luar biasa, namun kami tetap berusaha untuk membersihkan area tersebut dengan memakai masker. Setelah kegiatan berakhir kami memberikan sampah ke pak wawan karena beliau memiliki rekan seorang pengepul sampah,

Before :     

                                



After
                 

Kegiatan kedua saya laksanakan bersama 5 rekan saya pada 21 September 2023 pukul 18.45-20.00 di sepanjang jalan langenarjan dekat alun-alun kidul. Jenis sampah yang di dapatkan kali ini adalah botol bekas, plastik dan daun. Untul botol dan plastik kami jadikan satu ke dalam karung dan untuk daun kami pinggirkan di pinggir jalan. Sampah yang berhasil dikumpulkan sekitar 2 kg dan dijual ke pengepul sampah majasem, prambanan. Penjualan tersebuat diwakilkan oleh rekan saya, kemudian hasil dari penjualan tersebut adalah Rp.3000 ( botol kotor per kg seharga Rp.1.500 ). Kemudian untuk plastik mendapatkan harga sebesar Rp.200- ( 1 kg ).

Before :

After

 

Dari kegiatan ini saya bisa mendapat manfaat serta pengalaman yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, mendapat kesehatan karena melakukan aktivitas fisik serta terciptanya lingkungan yang bersih dari sampah. Untuk itu mari bersama-sama kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk keberlangsungan kesehatan masyarakat dan diri sendiri utamanya. Mari lakukan before after saat waktu senggang.

0 komentar:

Posting Komentar