Senin, 30 Oktober 2023

Essay 3 Melakukan Kegiatan Before After

                                                          Melakukan Kegiatan Before After

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Lingkungan

Essay 3 Melakukan Kegiatan Before After

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.

 

 


Isu sampah pada saat ini cukup menjadi isu yang sangat hangat untuk perbincangkan di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan menumpuknya  sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Semakin banyak orang-orang yang akhirnya membuang sampah pada tempat-tempat yang tidak seharusnya. Sampa yang ditimbulkan oleh setiap orang setiap harinya cukup banyak. Hal ini juga yang menunjang akan banyaknya sampah yang ada di Yogyakarta.

Kesadaran akan meletakkan sampah pada tempatnya sepertinya juga belum menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan oleh kalangan umum. Sampah juga tidak dibedakan atau dipilah sesuai dengan jenisnya. Tidak hanya itu, bahkan di  tempat sampah sekalipun orang-orang masih tetap asal meletakkan bahkan tidak jarang sampah yang berceceran dimana-mana meskipun di  sekitar tempat sampah. Hal ini perlunya kesadaran dari semua orang untuk membiasakan memilih dan juga meletakkan sampah dengan benar.

Pada saat ini Yogyakarta sedang banyak mengadakan kegiatan-kegiatan untuk  menunjang perekonomian, budaya dan juga pariwisata di Yogyakarta. Dengan banyaknya kegiatan ini akan memberikan dampak baik bagi pariwisata Yogyakarta. Akan tetapi juga akan memberikan dampak bagi lingkungan terasuk pada sampah yang semakin menumpuk.

Pada tanggal 20 Oktober 2023 telah diadakan kegiatan Karnaval di Tebing Breksi ang diikuti oleh sekitar 12 kelompok, yang dengan begitu ada sekitar 200a lebih peserta. Ini belum termasuk  panitia dan juga pengunjung. Bisa dibayangkan berapa banyak sampah yang akan terkumpul dalam acara tersebut. Mirisnya tidak banyak setiap kontingen atau kelompok yang membersihkan kardus sampahnya dan diletakan sesuai tempatnya. Selain itu juga tidak dipisahkannya sampah kertas maupun sampa plastik. Hal ini menjadikan saya dan teman satu kontingen saya untuk membereskan tempat area kami utuk menjadikan satu tempat. Tentu dengan juga memisahkan antara sampah kertas dan juga sampah plastik.

Dengan kontingen kami yang mulai memisahkan sampah ini dan menjadikan dalam satu tempat. Akhirnya beberapa kontingen juga melakukan hal yang sama seperti dengan yang kami lakukan. Hal ini menjadika saya sadar bahwa hal kecil yang saya lakukan akan memberikan dampak besar bagi orang lain. Sehingga akan memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar.

Dengan hal ini juga harusnya menjadi perhatian bagi pemerintan maupun pihak manapun yang akan melakukan atau sebagai penyelenggara dalam suatu acara agar bisa memperhatikan dan juga memberikan solusi terkait dengan banyaknya sampah yang dihasilkan dalam sekali pengadaan event. Selain itu juga perlunya kesadaran bagi seluruh masyarakat untuk bisa dengan bijak untuk menempatkan sampah sesuai dengan tempatya dan juga sesuai dengan jenisnya agar lebih memudahkan bagi petugas kebersihan.

0 komentar:

Posting Komentar