Minggu, 29 Oktober 2023

Psiling Essay 3: Before After ( Nurul Khasanah _ 22310410033)

 Essay 3 : Kesadaran Lingkungan Tanggung Jawab Bersama 

Nama : Nurul Khasanah

22310410033

Dosen Pengampu : Dr. Dra.  Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Menjaga dan merawat lingkungan adalah tugas bersama yang harus kita lakukan untuk menjaga keberlanjutan bumi iniNamunupaya ini sebaiknya dimulai dari diri sendiriDalam halini setiap orang memiliki peran penting dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitarnyaDengan menjaga kebersihankita dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan melindungi habitat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitarkita

Dalam menjaga dan merawat lingkungankolaborasi denganorang lain juga sangat penting. Kita bisa terlibat dalamkelompok atau komunitas yang peduli terhadap lingkunganseperti komunitas plogging yang menggabungkan olahraga laridengan membersihkan lingkungan sekitarDengan bergabungdalam komunitas inikita dapat saling memberikan dukungandan ide untuk menjaga lingkungan dengan lebih efektif.



Pada hari Sabtu 30 September 2023, jam 16.00-17.00 sayadengan teman kampus membersihkan sampah di sepanjang jalandepan rusunawa yang bertempat di Kecamatan TegalrejoKelurahan Bener. Karena di tutupnya TPA Piyungan banyakwarga yang kebingungan untuk membuang sampah sehinggaterdapat beberapa sampah-sampah yang mangkrak di pinggirjalan salah satunya di sepanjang jalan depan rusunawa ini. Maka dari itu saya berencana untuk membersihkan Kawasan tersebut.



Keesokan harinya pada hari minggu 1 Oktober 2023 di jam 16.00-17.00 saya beralih Kawasan dalam membersihkan sampahRuang Terbuka Hijau Publik (RTHP) bertempat di KricakKecamatan TegalrejoRuang Terbuka Hijau Publik (RTHP) adalah area lahan yang berfungsi sebagai tempat untuk berinteraksi sosial, rekreasi dan ekonomi. Kawasan ini banyakdisinggahi Masyarakat umum karena lahan yang asri dipenuhidengan pohon-pohon untuk berteduh juga. Pada musim panas inibanyak terdapat dedaunan kering yang perlu dibersihkanmakadari itu saya beserta teman saya memiliki inisiatif untuk ikutmembantu menyingkirkan dedaunan kering itu. Hasil dariterkumpulnya sampah yang telah dibersihkan saya buang keTPS di dekat tempat tinggal saya.

Dengan tingkat kesadaran yang tinggi untuk ikut menjaga dan merawat lingkungan, kita bisa berperan aktif dalam mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di muka bumi ini. Dengan mengubah perilaku kita sehari-hari dan mengelola sampah dengan baik, kita bisa menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi masalah sampah yang semakin meresahkan. 

 

Referensi

Gifford, R., & Nilsson, A. (2014). Personal and social factors that influence pro-environmental concern and behaviour: A review. International Journal of Psychology, 49(3), 141-157

Hariyanto, M. R., & Rangkuti, A. F. (2020). Analisis Pengelolaan Kondisi Fisik Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Di Kecamatan Umbulharjo. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama9(3), 223-232.

 

0 komentar:

Posting Komentar