Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Vina Milatul Azka 21310410181 Psikologi SP

 

Before – After

Vina Milatul Azka

21310410181

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta







Before




After

Before



After





            Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkngan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia adalah faktor pembangunan limbah sampah plastik. Sampah plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola. Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah plastik benar-benar terurai dengan sempurna. Bahkan saat terurai partikel-partikel plastik akan mencemari air dan tanah.

            Minggu, 24 September 2023 saya dan teman kampus saya melakukan kegiatan before-after untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Psikologi Lingkungan. Kegiatan ini dilakukan di 2 tempat yaitu tepi pantai dan tepi jalan raya. Tujuannya ntuk membersihkan area tempat tersebut dari berbagai jenis sampah yang ada.

            Kegiatan yang pertama dilakukan di tepi pantai Parangtritis pada pukul 08.00-09.00 WIB. Meski area tempat wisata ini sudah disediakan tempat sampah, namun masih banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan khususnya sampah plastik dan botol plastik. Terkumpul kurang lebih 2 plastik berukuran besar. Hasil sampah yang telah terkumpul, kita bawa ke TPS terdekat.

            Kegiatan kedua dilakukan di tepi jalan raya daerah Jodog,  desa Gilangharjo, kecamatan Pandak, kabupaten Bantul. Terlihat begitu banyak sampah pampers bayi yang dibuang begitu saja ditepi jalan dekat dengan sawah. Hal ini sangat merusak pemandangan, dan mengotori tempat tersebut. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memungut semua sampah pampers ditempat tersebut hingga bersih lalu membawanya ke TPS. Terkumpul satu plastik besar berisi pampers bekas dan sampah jenis plastik.

            Hasil sampah yang terkumpul dari kedua tempat ini dibawa ke TPS semua. Karena sampah yang terkumpul banyak dari jenis sampah plastik dan pampers, kedua sampah ini tidak bisa untuk di daur ulang dan dijual. Sehingga semua sampah yang dibawa ke TPS tidak dapat diuangkan. Meski dari kegiatan ini kita tidak mendapat manfaat dari segi ekonomi, setidaknya hal yang kita lakukan ini bermanfaat untuk banyak orang dan lingkungan menjadi bersih serta nyaman. Harapannya dari kegiatan seperti ini yang dilakuakan di tempat umum, banyak orang yang melihat dan mencontoh hal yang kita lakukan. Muncul kesadaran dalam diri mereka akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan termasuk tempat umum.

0 komentar:

Posting Komentar