Kamis, 26 Oktober 2023

Essay 2 Plogging Maulana Nor Ikhsan 22310410083

 


ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN
KEGIATAN PLOGGING
"MENJAGA KEBERSIHAN UNTUK SEMUA ORANG"


Maulana Nor Ikhsan (22310410083)
Psikologi SP

Dosen Pengampu:
Dr.,Dra Arundati Shinta

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

 


  Kebersihan adalah kondisi atau praktik menjaga atau membersihkan sesuatu agar bebas dari kotoran, kuman, atau zat-zat yang tidak diinginkan. Ini mencakup membersihkan diri, lingkungan, dan barang-barang sehari-hari. Kebersihan adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Praktik kebersihan melibatkan mencuci tangan, membersihkan rumah, mengelola sampah dengan benar, merawat diri sendiri, dan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Ini berperan besar dalam menjaga kesehatan individu dan komunitas secara keseluruhan.

 

Menjaga kebersihan bisa dilakukan dimana saja dimanapun kita berada kita berkesempatan untuk menjaga kebersihan, contohnya jogging.  Jogging adalah aktivitas fisik yang melibatkan lari dengan kecepatan rendah hingga sedang, biasanya dilakukan di luar ruangan. Ini adalah bentuk olahraga yang populer untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membakar kalori, dan memperkuat otot kaki. Jogging juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental, seperti mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan , serta dapat menjadi rutinitas yang menyenangkan dan relaksasi. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, dan konsultasikan dengan dokter jika  memulai aktivitas jogging, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya.

 

 Plogging adalah aktivitas fisik yang menggabungkan jogging dengan membersihkan lingkungan sekitar Anda. Kata “plogging” berasal dari penggabungan dua kata, yaitu “plocka upp” (mengambil) dalam bahasa Swedia dan “jogging.” Saat melakukan plogging, seseorang berlari atau berjalan kaki di sekitar area terbuka, seperti jalan atau taman, sambil mengambil sampah dan limbah plastik yang ditemui.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan beberapa kegiatan plogging yang saya lakukan selama 2 hari.

 

                                                                            Plogging 1

 



Pada plogging pertama ini saya lakukan pada tanggal 1 oktober 2023 pukul 16.00. saya berniat jogging untuk menjaga kesehatan saya dan di jalan dipinggir sawah saya brlari saya melihat ada botol dan beberapa sampah lainnya yang mengganggu penglihatan saya yang melihat kurangnya kesadaran masyarakat dalam kebersihan lingkungan yaitu membuang sampah. Saya heran kenapa masyarakat masih enggan membuang sampah pada tempatnya. Dengan ini saya langsung mengunpulkan sampah tersebut lalu membuangnya di TPS terdekat agar tidak bau dan mengganggu orang yang sedang beraktivitas.

 

                                                                            Plogging 2



Pada plogging kedua ini saya lakukan pada tanggal 4 oktober dijam yang sama seperti plogging 1 saya menemukan sampah yang sama yaitu botol ditempat pinggir sawah dan sangat banyak botol padahal 3 hari sebelumnya saya sudah membersihkan dan saya berharap tidak ada yang membuang sampah disekitar sini lagi tetapi setelah saya jogging dan saya melihat sampah berserakan lagi kali ini samph plastik, botol, kaleng , dan ada popok yang dibuang disini lalu saya mengumpulkan dan saya bawa di TPS terdekat.

 

Kegiatan ini  adalah inisiatif yang baik untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari sampah, sambil juga mendapatkan manfaat kesehatan dari aktivitas fisik. Plogging telah menjadi populer sebagai bentuk olahraga yang ramah lingkungan dan memberikan kontribusi positif terhadap kebersihan lingkungan kita.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar