Senin, 30 Oktober 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Psikologi Lingkungan

 

Nama : Brigita Savira Priscillia

Nim   : 23310420094

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA

Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat dalam Penanganan Sampah di Pasar Pinasungkukulan Karombasan Kota Manado.

Topik

Sinergitas, Jaringan komunikasi, Penanganan sampah berbasis 3R 

Sumber

Henri Nathanael Roring, Femmy Maria Gorettie, Tulusan Helly Febrina Kolondam 17 Mei 2023 Jurnal Administrasi Publik JAP No.3 Vol. IX (2023) Hal. 44- 51 Publish. 

Permasalahan      

Penumpukan sampah disekitar Pasar Pinasungkulan Karombasan yang membawa dampak pada kesehatan manusia serta degradasi lingkungan yang lebih besar.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat dalam Penanganan Sampah di Pasar Pinasungkulan Karombasan Kota Manado. Dan untuk melibatkan masyarakat sebagai pihak yang menghasilkan sampah dengan proporsi terbesar, dimana membentuk atau mulai membudayakan perilaku pengelolaan sampah semenjak dini dari rumah tangga, sebagai struktur terendah dalam pengelolaan sampah perkotaan.


Isi

     Berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat tersebut secara otomatis menghasilkan sampah yang apabila tidak dapat dikendalikan hanya akan menjadi malapetaka bagi keberlangsungan hidup masyarakat karena akan menimbulkan masalah kesehatan, kerusakan lingkungan hidup serta pencemaran udara juga air menjadi kotor akibat dari buangan limbah, kotoran ternak yang diarahkan pembuangannya di saluran air seperti sungai.

        Bentuk keterlibatan masyarakat sebagai pihak yang menghasilkan sampah dengan proporsi terbesar, dapat dilaksanakan dengan membudayakan perilaku pengelolaan sampah semenjak dini dari rumah tangga, sebagai struktur terendah dalam pengelolaan sampah perkotaan.

• Kurangnya kepedulian masyarakat dan Keterbatasan dana Pemerintah Kota Manado merupakan salah satu penyebab terjadinya permasalahan penumpukan sampah disekitar Pasar Pinasungkulan yang membawa dampak pada kesehatan manusia serta degradasi lingkungan yang lebih besar


Metode

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini menggunakan konsep dari Rhodes (2007) bahwa terdapat 3 (tiga) aspek mendasar sinergitas yaitu: Pemecahan Masalah (Problem Solving), Peran Pemerintah (Intergovermental games) dan Jaringan Komunikasi (Networking).


Hasil

Sampai dengan saat ini penanganan sampah di Pasar Pinasungkulan masih diperhadapkan dengan berbagai kendala. Hal ini dibuktikan dengan masih dijumpai di Pasar Pinasungkulan Karombasan sampah.Namun ada Pemecahan masalahnya berupa beberapa penerapan dari 

1. Konsep Reduce, Reuse, Recycle. Sarana yang memadai ini tentunya harus disiapkan oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar.

2. Peran Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Lingkungan hidup telah memberikan bantuan kepada Perusahan Daerah (PD) Pasar yaitu truk pengangkut sampah yang digunakan untuk mengangkat sampah yang ada di semua pasar.

3. Peran Komunikasi dimana perlu ada serta berfungsinya koordinasi antara Pemerintah Kota Manado dengan Perusahaan Daerah Pasar dalam penanganan sampah di Kota Manado.


Diskusi

Mengolah sampah adalah suatu hal yang cukup sulit dilakukan oleh individu maupun kelompok yang terlibat di pasar maupun di area pasar, peran pemerintah disini sangat kurang karena kewenangan tersebut telah diserahkan sepenuhnya kepada Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Manado. sedangkan dari pihak PD sendiri belum memaksimalkan jaringan komunikasi kepada pedagang maupun masyarakat dalam menjaga kebersihan pasar. Serta tidak melibatkan Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kesehatan dalam mengedukasi pedagang akan pentingnya kebersihan tempat usaha melalui penganganan sampah yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar