Sabtu, 28 Oktober 2023

BEFORE - AFTER Vina anggraini yosi ningrum 22310410105 Universitas Proklamasi 45

 BEFORE - AFTER



Vina Anggraini Yosi Ningrum 22310410105 Universitas Proklamasi 45

Kegiatan before - after pertama saya lakukan pada tanggal 22 oktober 2023 bersama rekan saya, pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Kami membersihkan area jalan lintas selatan bantul di tepi


persawahan ,disini kami mengumpulkan beberapa jenis sampah ,seperti sampah dedaunan ,botol plastik,plastik bekas,sampah kertas ,dan beberapa sisa kemasan makanan,sampah sampah ini saya kumpulkan dan akan saya pilah mana yang dapat di daur ulang dan mana yang tidak dapat di daur ulang ,sebagian sampah akan saya masukan ke bank sampah dan sebagiannha lagi akan saya produksi menjadi kompos maupun hiasan ,untuk sampah yang tidak dapat di daur ulang akan saya buang ke tempat pembuangan akhir di sekitar tempat saya tinggal.



Pada hari berikutnya tanggal 23 oktober 2023 saya kembali lagi ke tempat tersebut untuk melanjutkan membersihkan sampah di area yang masih banyak terdapat sampah yang

berserakan ,saya mengumpulkan kembali beberapa botol plastik bekas ,kemasan mie instan,sampah dedaunan ,sampah plastik dan sampah kertas , saya kembali ketempat tersebut karena saya rasa tempat wisata tersebut kurang pemeliharaan dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah,wilayah tersebut yang kini sedang populer dikalangan anak muda namun tempatnya kurang nyaman untuk dipandang karena masih banyak sampah yang berhamburan ,lalu saya melanjutkan untuk pergi ke pantai disekitar wilayah tersebut untuk membersihkan sampah disana ,masih terlihat beberapa sampah yang berserakan seperti ranting dan sampah plastik disana saya bersama rekan saya membersihkan sampah sekitar 1 jam.

 

Permasalahan:

-  jalur lintas selaran terlihat kurang bersih dan kurang terawat , diharapkan untuk menciptakan pengalaman yang nyaman bagi pengendara atau pengunjung yang datang.

 

-  Sampah seperti kantong plastik, botol minuman, dan sampah makanan berserakan di berbagai


lingkungan, menciptakan tampilan yang sangat buruk.

 

-  sampah dipantai sangat mengganggu pemandangan wisatawan yang berdatangan dan menciptakan kesan buruk untuk pantai tersebut

 

hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan tetap terawat bersih dan sehat yaitu dengan meningkatkan kesadaran pada diri masing masing untum menciptakan lingkungan yang sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan,mendaur ulang sampah menjadi kerajinan yang bernilai jual ,melakukan kegiatan penanaman pohon ,melakukan kegiatan membersihkan sampah diarea wisata



0 komentar:

Posting Komentar