Selasa, 31 Oktober 2023

Essay 2. Plogging. Nazarudin Latif. 22310410082. SP


Plogging: Tren Olahraga Sambil Memungut Sampah dan Ramah Lingkungan

Essay 2

Psikologi Lingkungan

Nazarudin Latif

22310410082

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


    Olahraga menjadi bagian penting dari gaya hidup orang-orang zaman now. Tak jarang muncul tren olaharga tertentu yang kemudian viral di Instagram. Jika Anda ingin kekinian sekaligus mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan, tren 'plogging' boleh dicoba. Tren tersebut memaksa Anda untuk jogging sambil memungut sampah yang bukan hanya baik untuk diri sendiri tapi juga orang sekitar.

    Tren plogging pertama kali muncul di Swedia. Plogging sendiri berasal dari kata 'plocka upp' yang artinya memungut sampah. Kini tren olahraga sambil pungut sampah tersebut sudah dilakukan di banyak kota di dunia, mulai dari London, New York, hingga Prancis

    Tren olahraga tersebut menggabungkan dua latihan sekaligus yakni lari dan squat. Karena saat plogging, orang-orang akan jogging atau berlari lalu melakukan gerakan squat atau jongkok setengah ketika ada sampah untuk memungutnya.

    Plogging pun menjadi cara mudah untuk menyehatkan badan dan membantu membersihkan lingkungan. Yang dibutuhkan hanya sepatu lari dan plastik atau tas untuk mengumpulkan sampah. Jika tak mau tangan kotor karena memegang sampah, Anda bisa memakai sarung tangan atau membawa hand sanitizer ketika melakukannya.

    Biasanya plogging dilakukan di taman atau lingkungan perumahan. Tak jarang tren jogging sambil pungut sampah ini juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan komunitas lain yang sama-sama bermanfaat untuk lingkungan.

    Pada tanggal 16 Oktober 2023 Pukul 15.00 WIB saya dan teman saya melakukan kegiatan olahraga baru yang bernama ploging. Ploging adalah olahraga jenis baru yang salama ini belum ada di tempat saya. Ploging adalah sebuah trend aktivitas yang datang dari negara Swedia ini dikenal menyehatkan sekaligus ramah lingkungan. 

    Plogging yaitu olahraga sambil menjaga lingkungan yang berasal dari kata “lari” dengan mengumpulkan sampah yang berserakan ke dalam plastik. Oleh karena itu, Plogging merupakan kegiatan mengumpulkan sampah saat kita sedang berlari kecil. Kita hanya membutuhkan pakaian olahraga yang sesuai untuk berlari dan kantong sampah untuk meletakkan semua sampah yang ditemukan di sekitar. Para ahli dari mengatakan bahwa modalitas “lari” ini adalah pilihan yang bagus untuk kebugaran dan penurunan berat badan sambil menjaga lingkungan. Menurut ahli, Plogging bisa membakar 300 kalori untuk setiap 30 menit latihan, berkat kombinasi dari latihan lari terus-menerus dengan mengumpulkan sampah.

    Untuk memulai Plogging, kita disarankan untuk membawa sepasang sarung tangan untuk perlindungan dan kebersihan serta kantong sampah. Sarung tangan akan melindungi tangan kita dari benda tajam, seperti pecahan kaca. Setiap kelompok dapat dikategorikan untuk pembagian jenis sampah tertentu yang akan dipungut seperti gelas, plastik, kertas, baterai, dan sampah yang tidak dapat didaur ulang.

    Sedangkan jenis olahraga air seperti berenang, kayak-kano, dan selancar, kita bisa membawa jaring yang berguna untuk mengambil sampah yang terapung maupun yang ada di dalam air. jJaring juga berguna untuk memastikan bahwa tidak ada hewan yang terjebak secara tidak sengaja jika kita membawa kantong sampah biasa.

    Kegiatan ploging sore ini saya lakukan di sekitar rumah saya. Kali ini saya lakukan bersama teman saya. Saya joging sambil memunguti sampah dan hasilnya bisa mendapatkan sampah 2 kg. Sampah yang saya kumpulkan meliputi botol-botol bekas, Sampah plastik dan yang lain-lain. Sampah-sampah tersebut akan saya kumpulkan di rumah dan akan saya pilah-pilah dan kemudian akan saya manfaatkan untuk kerajinan dan sisanya akan saya jual ke tukang rosok. 

    Dengan setiap langkah, tidak peduli seberapa kecilnya, kita telah berkontribusi untuk melestarikan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pelestarian ekosistem darat. Jika seluruh dunia memanfaatkan waktu dan energi mereka untuk memungut sampah di sepanjang jalan, perubahan besar telah kita mulai dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelamatkan bumi ini.

    Plogging juga bermanfaat untuk fisik kita. Tindakan seperti membungkuk untuk mengambil objek dan meluruskan lagi adalah cara yang bagus untuk memperkuat pinggang dan kaki kita. Dengan melakukan Plogging, olahraga jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Setiap orang dapat menyesuaikan durasi latihan dan panjang rute sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing. Oleh karena itu, Plogging cocok dilakukan oleh segala usia.

0 komentar:

Posting Komentar