Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Puji Astutik 21310410164 Psikologi SP

 

Serunya Berperan Aktif Membersihkan Fasilitas Umum Lewat Kegiatan

Bersih-bersih Lapangan Kentungan dan Terminal Condong catur

Esai 3 : Before-After

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Puji Astutik – 21310410164

 


Kebersihan lingkungan umum masih merupakan PR besar bagi masyarakat kita. Masyarakat belum menyadari bahwa perilaku terkait membuang sampah sembarangan dapat mencemari ataupun menimbulkan masalah lain bagi lingkungan. Banyak fasilitas umum yang tidak terjaga kebersihannya dikarenakan ulah dari oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Masalah lain pada fasilitas umum adalah kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan karena menganggap fasilitas umum bukanlah bagian dari tanggung jawab pribadi.

Pada hari Sabtu, 30 September 2023 sepulang dari kuliah saya melewati lapangan kentungan yang letaknya ada di dekat kost saya. Saya melihat ada cukup banyak sampah baik daun kering dan sampah-sampah plastik. Saya berhenti dan bertanya ke seorang ibu yang rumahnya berada tepat di barat lapangan kentungan, siapa yang biasa membersihkan lapangan dan apakah saya boleh membersihkan lapangan sore ini. Ibunya menyampaikan bahwa biasanya beliau yang kadang membersihkan atau warga lain yang rumahnya dekat lapangan. Ibunya dengan senang hati mempersilakan saya untuk membersihkan lapangan.

Before


After 

Sorenya pukul 15.30 saya ke lapangan Kentungan. Di lapangan mulai banyak anak yang akan akan bermain bola. Saya mulai menyapu bagian barat lapangan yang merupakan tempat duduk penonton saat ada pertandingan dan memang bagian ini paling kotor . Saya memisahkan sampah plastik dan botol bekas  untuk nantinya dijual di bank sampah.

Tepat di pojok lapangan sore itu ternyata ada warga yang meninggal dan mulai banyak pelayat datang. Saya tetap membersihkan lapangan dan dari jauh saya menyadari beberapa warga yang takziyah memperhatikan saya. Saat saya fokus menyapu, ada 2 bapak-bapak yang lewat tersenyum ke saya sambil memperhatikan apa yang saya lakukan. Saya membersihkan lapangan sekitar 70 menit. Pukul 16.40 saya memutuskan untuk berhenti dengan kondisi lapangan bagian barat sisi tengah sudah bersih.

Keesokan harinya, saya pergi ke terminal condong catur. Saya perhatikan di pinggiran terminal di dekat biro perjalanan bis banyak sampah yang dibuang sembarangan. Pertama saya minta ijin ke salah satu owner biro perjalanan di sana setelahnya saya mulai membersihkan sampah. Sampah-sampah tersebut saya pilah antara sampah siap jual dan sampah daun kering. Di dekat pohon yang banyak sampahnya ada bau cukup menyengat yang mengganggu hidung saya. Tampaknya dekat pohon itu dijadikan tempat kencing. Sungguh perilaku yang sangat tidak menjaga kebersihan lingkungan. Saya mulai kegiatan bersih-bersih area timur terminal ini dari pukul 09.00-10.00. Karena cuaca pagi ini cukup terik saya memutuskan berhenti setelah 60 menit dengan kondisi area tersebut sudah bersih. Saya mencuci tangan di kamar mandi umum di terminal dan bapak penjaganya bertanya ke saya dari kampus mana dan saya jawab dari UP45. Rupanya bapaknya memperhatikan kegiatan yang saya lakukan. Saya membawa pulang sampah plastik botol yang saya temukan dan menyimpan sampah daun di kantong yang saya bawa saya jadikan 1 di satu tempat.

Before


After


Ada perasaan lega di hati saya setelah melakukan 2 kegiatan tersebut. Tugas ini ternyata memberi saya pandangan baru tentang peran individu dalam menjaga kebersihan fasilitas umum, peran layaknya hero. Ternyata kegiatan seperti ini menyenangkan dan melegakan.

   

 

0 komentar:

Posting Komentar