Selasa, 31 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Risky Candra Heryana 21310410155 Psikologi SP

 

LINGKUNGANMU CERMINAN PERILAKUMU!

Esai 3  Before-After

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu :Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Risky Candra Heryana – 21310410155


Kebersihan lingkungan merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan manusia. Kebersihan lingkungan memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan mental dan emosional individu.

 

Kebersihan lingkungan dapat mempengaruhi kesejahteraan mental individu. Lingkungan yang bersih dan teratur dapat menciptakan rasa ketenangan dan kenyamanan. Sebaliknya, lingkungan yang kotor dan berantakan dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan ketidaknyamanan.

 

Kebersihan lingkungan juga dapat mempengaruhi perilaku manusia. Lingkungan yang bersih dan teratur dapat mendorong individu untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Sebaliknya, lingkungan yang kotor dan berantakan dapat mengurangi motivasi individu untuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan.

 

Selain dampaknya terhadap kesejahteraan mental, kebersihan lingkungan juga memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan fisik individu. Lingkungan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit dan infeksi. Kebersihan lingkungan yang baik meliputi praktik-praktik seperti mencuci tangan secara teratur, membersihkan permukaan yang sering disentuh, dan membuang sampah dengan benar. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, individu dapat mengurangi risiko terkena penyakit dan meningkatkan kesehatan fisik.

 

Saya juga ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan melakukan kegiatan before-after. Konsep before-after yang dimaksud adalah kegiatan membersihkan lingkungan umum seperti jalanan, sungai, tempat wisata ataupun tempat publik lainnya.

 BEFORE-AFTER 1

21 September 2023. Kegiatan before-after yang pertama, saya lakukan malam hari sekitar pukul 8 malam, bersama 5 rekan saya di sekitar komplek alun-alun kidul tepatnya di Jl. Langenarjan. Jenis sampah yang kami kumpulkan adalah botol bekas, plastik dan dedaunan. Untuk botol dan plastik kami jadikan satu ke dalam karung dan untuk daun kami kumpulkan di tempat sampah pinggir jalan. Sampah yang berhasil dikumpulkan sekitar 2kg kemudian dijual ke pengepul sampah di Majasem, Prambanan. Penjualan tersebut diwakilkan oleh rekan saya. Kami mendapat hasil dari penjualan tersebut adalah Rp.3000 (botol kotor per kg seharga Rp.1.500). Kemudian untuk plastik mendapatkan harga sebesar Rp.200- (1 kg).




BEFORE-AFTER 2

5 Oktober 2023. Kegiatan before-after yang kedua. Saya lakukan sore hari sekitar pukul 3 sore, bersama 1 teman saya di sekitar Sungai Opak dekat tempat tinggal saya. Sampah yang saya temui diantaranya ada kertas bungkus makanan, plastik, popok, dan juga dedaunan. Pas sekali saat saya sedang membersihkan sampah, ada seorang tetangga saya hendak membuang sampah di pinggir sungai, lalu saya hampiri kemudian saya ingatkan dan beri pengertian tentang dampak dari membuang sampah sembarangan. Selesai melakukan kegiatan, saya memilah sampah hasil dari pembersihan tadi kemudian saya setorkan ke bank sampah di desa saya.

Before


After

Kebersihan lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan mental individu. Penting untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku individu agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dengan demikian, individu dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan mendukung kesejahteraan mental mereka.

 

0 komentar:

Posting Komentar