Rabu, 25 Oktober 2023

Esai 3 Before-After Prabawati Tresnaning Jati 21310410175 Psikologi SP

 

LINGKUNGAN SEHAT DAN MANJAKAN MATA DENGAN KEGIATAN BEFORE AFTER


Esai 3 – Before After

                                          Psikologi Lingkungan

                                                 Dosen Pengampu :Dr., Dra. Arundati Shinta MA




                  Prabawati Tresnaning Jati

                             21310410175

 



Konsep kegiatan Before After yang telah saya lakukan adalah dengan membersihkan lingkungan publik seperti sungai, jalanan, pantai, tempat wisata, atau tempat publik lainnya. Seperti yang kita tau, kondisi sampah yang semakin hari semakin banyak ini tentu dapat menganggu kenyamanan manusia. Selain itu, sampah juga bisa menimbulkan berbagai peramasalahan seperti pencemaran lingkungan yang dapat menyebabkan munculnya bencana banjir dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

. Kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat dengan menciptakan kondisi lingkungan bebas dari kotoran, sampah, dan bau. Kebersihan lingkungan dapat kita capai dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan produk daur ulang, meminimalisir atau mengurangi sampah, dsb. Dengan cara kita melakukan perbuatan-perbuatan sederhana untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, tentu akan berdampak besar untuk meningkatkan keindahan, keasrian, dan kenyamanan.

Pada hari Minggu, 17 September 2023, pukul 15.45 - 17.17 saya bersama 3 orang tetangga saya melakukan kegiatan before after untuk pertama kalinya. Kegiatan ini kami lakukan di sekitar sungai watunan yang berada di Dusun Marangan.

 

Before

After






Titik awal kami memulai kegiatan ini adalah di jalanan sekitar sungai, kemudian kami lanjut dengan turun ke sungai. Sungguh miris melihat di lokasi sudah terdapat peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetapi warga masih saja tidak menghiraukan peringatan tersebut.

Ada beberapa jenis sampah yang kami temukan, mulai dari sampah minuman gelas kemasan, botol bekas, pampers, sampah plastik, kardus rokok, bahkan kami juga menemukan bangkai tikus di dalam plastik. Kami mengambil sampah tersebut satu persatu dan memasukkannya ke dalam kantong plastik yang sebelumnya sudah kita siapkan.

Dari kegiatan before after pertama ini, kami mendapat lebih dari 2 plastik sampah. Pada saat kami ingin memilah sampah yang sudah kami dapatkan, kami tidak sengaja berjumpa dengan tukang rosok keliling. Tukang rosok itu berhenti dan menghampiri kami, beliau bertanya tentang apa yang kami lakukan dengan sampah yang cukup banyak itu. Kami menjelaskan maksud dan tujuan kami melakukan kegiatan ini. Hampir 10 menit kami mengobrol, akhirnya sampah yang sudah kami kumpulkan tadi kami serahkan semuanya kepada tukang rosok tersebut.

Selanjutnya pada hari Kamis, 21 September 2023 saya kembali melakukan kegiatan before after. Kali ini saya melakukan kegiatan before after pada malam hari bersama dengan beberapa teman kuliah saya. Kami memilih lokasi kegiatan ini di sekitar komplek Alun-Alun Kidul, tepatnya di jalan Langenarjan.

 

Before

After





        Jenis sampah yang kami temui kebanyakan adalah sampah botol bekas minuman atau kemasan namun juga ada sampah plastik dan dedaunan, untuk sampah botol dan plastik kami sediakan karung dan untuk sampah daun kami jadikan satu tempat di salah satu tempat sampah pingir jalan.

Sampah botol yang berhasil kami kumpulkan sekitar  2kg. Saya mewakili teman-teman saya untuk menjual sampah tersebut ke pengepul sampah Majasem, Prambanan dan mendapat uang sebesar Rp. 3.000 (botol kotor per kg seharga Rp. 1.500) dan mendapat uang Rp. 200,- untuk sampah kresek 1 kg.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari kegaiatan before after ini adalah, hal sederhana yang kita lakukan sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan ternyata berdampak besar bagi kelangsungan kebersihan lingjkungan selanjutnya. Bersama dengan teman-teman dalam menyayangi lingkungan kita bisa menciptakan kondisi lingkungan yang baru, sehat, dan tentunya nyaman untuk kita lihat.

0 komentar:

Posting Komentar