Kamis, 17 Oktober 2024

E6-MENULIS TIPS-TIPS TENTANG RESILIENSI/DORONGAN:DEMI MASA DEPAN CERAH DENGAN MENENTUKAN TUJUAN HIDUP DAN MELATIH RESILIENSI SEJAK SEKARANG_RIZAL EFENDI_22310410045_SJ

 

DEMI MASA DEPAN CERAH DENGAN MENENTUKAN TUJUAN HIDUP DAN MELATIH RESILIENSI SEJAK SEKARANG

PSIKOLOGI INOVASI

E6-MENULIS TIPS-TIPS TENTANG RESILIENSI/DORONGAN

BEPRESTASI/KETANGGUHAN,ENTREPRENEURSHIP/KETEKUNAN/PEKA

TERHADAP PERUBAHAN/PERENCANAAN TERHADAP PERUBAHAN/MENJADI SURI TAULADAN

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.


RIZAL EFENDI

22310410045

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

2024



Menentukan tujuan hidup dan mengembangkan keterampilan adalah langkah penting dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan. Ketika seseorang hendak mendesain pendidikan, maka ia harus memulainya dengan merumuskan tujuan yang hendak dicapainya. Seperti kata Hasan Langgulung (1992) : “berbicara tentang tujuaan pendidikan tidak terlepas dari tujuan hidup manusia. Sebab Pendidikan hanyalah suatu alat yang digunakan oleh manusia untuk memelihara kelanjutan hidupnya baik sebagai invidu maupun sebagai anggota masyarakat”. Jadi, pada dasarnya tujuan Pendidikan selalu dipengaruhi oleh pandangan hidup (way of life) orang yang mendesain dan pengambil kebijakan pendidikan tersebut.

Untuk menjadi pribadi yang tangguh adalah tidak mudah, maka diperlukan latihan agar keterampilan pribadi yang tangguh dapat terasah sehingga apapun keadaannya dapat berprasangka baik kepada Allah SWT. Keterampilan resilience akan terlatih dengan interaksi individu dengan lingkungan, semakin individu berhasil mengatasi krisis yang dihadapi maka akan semakin meningkatkan potensi individu dalam rangka menghadapi tahapan perkembangan berikutnya. Hal itu pula yang akan menjadikan mental dan jiwa seseorang akan selalu hidup dan mempunyai energi positif yang terpancarkan.

Menentukan Tujuan Hidup

  • ·        Refleksi Diri

Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang benar-benar penting bagi Anda. Apa nilai-nilai dan minat Anda? Apa yang membuat Anda merasa bahagia dan terpenuhi?

  • ·        Tulis Daftar

Buat daftar aspirasi dan impian Anda. Apa yang ingin Anda capai dalam hidup? Ini bisa berkisar dari aspek pribadi, profesional, hingga sosial.

  • ·        SMART Goals

Pastikan tujuan Anda spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu. Misalnya, alih-alih hanya "ingin sehat," Anda bisa menetapkan tujuan "berolahraga 3 kali seminggu selama 30 menit."

  • ·        Visualisasikan Masa Depan

Bayangkan diri Anda di masa depan. Apa yang Anda lihat? Ini bisa membantu Anda mengidentifikasi tujuan yang lebih jelas.

  • ·        Beradaptasi dan Fleksibel

Ingat bahwa tujuan bisa berubah seiring waktu. Jangan takut untuk menyesuaikan tujuan Anda jika ada perubahan dalam hidup atau prioritas.


Melatih resilience/ketahanan

  • ·        Kembangkan Pola Pikir Positif

Fokus pada solusi daripada masalah. Berlatih melihat sisi positif dalam situasi sulit.

  • ·        Bangun Jaringan Dukungan

Hubungi teman dan keluarga yang dapat memberikan dukungan emosional. Berbagi perasaan membantu mengurangi beban.

  • ·        Terapkan Mindfulness

Latih teknik mindfulness atau meditasi untuk tetap tenang dan fokus pada saat ini. Ini juga membantu mengurangi stres.

  • ·        Belajar dari Pengalaman

Refleksikan pengalaman sulit dan cari pelajaran dari situasi tersebut. Ini membantu Anda tumbuh dan menjadi lebih kuat.

  • ·        Tetapkan Tujuan Realistis

Tujuan yang dapat dicapai memberikan rasa pencapaian. Pencapaian kecil dapat meningkatkan motivasi dan ketahanan.

  • ·        Kembangkan Keterampilan Mengatasi Masalah

Latih diri untuk menghadapi masalah secara sistematis. Identifikasi masalah dan cari solusi.

Menghubungkan Keduanya

  • ·        Refleksi dan Umpan Balik: Setiap kali Anda mencapai atau gagal dalam tujuan, luangkan waktu untuk merefleksikan pengalaman tersebut. Apa yang bisa Anda pelajari dari situasi itu?
  • ·        Fokus pada Proses: Ketika mengejar tujuan, ingat bahwa proses adalah bagian penting. Ketahanan Anda akan meningkat saat Anda menghadapi tantangan di sepanjang jalan.
  • ·        Jaga Kesehatan Fisik dan Mental: Olahraga, tidur yang cukup, dan makan sehat mendukung baik pencapaian tujuan maupun ketahanan mental.

Dengan menggabungkan kedua aspek ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan hidup dan mencapai tujuan yang Anda tetapkan. Selamat berproses!

 

REFERENSI

Mayasari, Ros. (2014). MENGEMBANGKAN PRIBADI YANG TANGGUH MELALUI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN RESILIENCE. Jurnal Dakwah, 15 (2)

Rachmad, Ferizal, DKK. (2022). TUJUAN HIDUP SEBAGAI TUJUAN PENDIDIKAN. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1 (2), 503 –515

 

 

0 komentar:

Posting Komentar