THE ROLE OF RELIGION AND SOCIAL CAPITAL
ON ENTREPRENEURSHIP SELF-EFFICACY AND MOTIVATION AMONG STUDENT IN INDONESIA
Psikologi Inovasi
ESSAY 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP
Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA
Muhammad Zulfan Imron
24310420019
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI
45
YOGYAKARTA OKTOBER/2024
Case |
Informations |
Topik |
Peran agama, peran modal sosial, entrepreneurship, kepercayaan diri, motivasi, pelajar, indonesia |
Sumber |
Junaidi, J., Anwar, S. M.,
& Sahrir, S. (2023). The role of religion and social capital on entrepreneurship self-efficacy and motivation among
students in Indonesia. Cogent Business & Management,
10(3), 2265091. |
Permasalahan |
Studi ini
menyelidiki dampak agama terhadap modal sosial Generasi Z, perannya dalam memoderasi hubungan antara agama dan kewirausahaan, serta pengaruhnya terhadap efikasi diri kewirausahaan
dan motivasi mahasiswa. |
Tujuan Penelitian |
Untuk mengetahui apakah modal sosial, keagaman, efikasi-diri wirausaha,dan motiavsi pelajar memiliki pengaruh satu diantara lainnya dengan positif |
Isi |
Pengusaha adalah upaya penciptaan bisnis baru, yang
digunakan seperti mandiri, organisasi bisnis
baru, atau perluasan bisnis yang sudah ada, oleh
individu atau anggota tim. Kewirausahaan berfungsi sebagai cara alternatif untuk meningkatkan
penghasilan lebih tinggi
meningkatkan standar
hidup. Islam adalah agama yang mendorong kegiatan kewirausahaan, digunakan sebagai alat untuk mengurangi kemiskinan dan masalah sosial di negara berkembang. Program pemerintah memotivasi siswa untuk melakukan kewirausahaan
dengan dorongan sosial sebagai katalis perubahan
sosial. |
Metodologi |
Penelitian menggunakan metode kuisioner untuk mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini juga menggunakan variasi metode umum untuk meningkatkan tingkat
validitas data sehingga dapat |
|
dianalisa menggunkan metode analisis multivariat dengan bantuan software AMOS dan SPSS. |
Diskusi |
Siswa mengembangkan modal sosial mereka secara signifikan dipengaruhi oleh agama, terutama dalam hal kewirausahaan. Ini sangat penting untuk
meningkatkan keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, dan kreativitas, serta untuk
menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan sosial dan pengembangan TI. Karena kepercayaan
sangat penting untuk membangun hubungan, studi ini juga menekankan pentingnya hal itu untuk bisnis. Modal sosial tiga dimensi terdiri dari pertukaran pengetahuan dan informasi, yang berdampak positif
pada modal sosial dan kognitif siswa. Modal sosial struktural berdampak lebih kecil pada kewirausahaan, tetapi modal sosial relasional dan
kognitif berdampak lebih besar pada motivasi dan efikasi diri siswa. Studi tersebut menunjukkan
bahwa pemangku kepentingan universitas harus
mendorong komunikasi dan interaksi yang efektif
antara
mahasiswa untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif dan meningkatkan keterampilan dan
perspektif mereka. |
Hasil Penelitian |
Keagaman memiliki pengaruh positif terhadap modal sosial, modal sosial memiliki pengaruh positif terhadap efikasi-diri wirausaha dan motivasi pelajar, dan efikasi-diri memiliki pengaruh positif terhadap motivasi pelajar. |
0 komentar:
Posting Komentar