Kamis, 31 Oktober 2024

E1 MERINGKAS JURNAL_THE ROLE OF RELIGION AND SOCIAL CAPITAL ON ENTREPRENEURSHIP SELF-EFFICACY AND MOTIVATION AMONG STUDENT IN INDONESIA_M. ZULFAN IMRON_24310420019_PSIKOLOGI INOVASI

 

THE ROLE OF RELIGION AND SOCIAL CAPITAL ON ENTREPRENEURSHIP SELF-EFFICACY AND MOTIVATION AMONG STUDENT IN INDONESIA

 

Psikologi Inovasi

ESSAY 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA




Muhammad Zulfan Imron

24310420019


FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA OKTOBER/2024


 

Case

Informations

Topik

Peran agama, peran modal sosial, entrepreneurship,

kepercayaan diri, motivasi, pelajar, indonesia

Sumber

Junaidi, J., Anwar, S. M., & Sahrir, S. (2023). The

role of religion and social capital on

entrepreneurship self-efficacy and motivation among students in Indonesia. Cogent Business & Management, 10(3), 2265091.

Permasalahan

Studi ini menyelidiki dampak agama terhadap modal

sosial Generasi Z, perannya dalam memoderasi hubungan antara agama dan kewirausahaan, serta pengaruhnya terhadap efikasi diri kewirausahaan dan motivasi mahasiswa.

Tujuan

Penelitian

Untuk mengetahui apakah modal sosial, keagaman,

efikasi-diri wirausaha,dan motiavsi pelajar memiliki pengaruh satu diantara lainnya dengan positif

Isi

Pengusaha adalah upaya penciptaan bisnis baru,

yang digunakan seperti mandiri, organisasi bisnis baru, atau perluasan bisnis yang sudah ada, oleh individu atau anggota tim. Kewirausahaan berfungsi sebagai cara alternatif untuk meningkatkan penghasilan lebih tinggi meningkatkan standar hidup. Islam adalah agama yang mendorong

kegiatan kewirausahaan, digunakan sebagai alat untuk mengurangi kemiskinan dan masalah sosial di negara berkembang. Program pemerintah memotivasi siswa untuk melakukan kewirausahaan dengan dorongan sosial sebagai katalis perubahan sosial.

Metodologi

Penelitian menggunakan metode kuisioner untuk

mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini juga menggunakan variasi metode umum untuk meningkatkan tingkat validitas data sehingga dapat


 

 

dianalisa menggunkan metode analisis multivariat

dengan bantuan software AMOS dan SPSS.

Diskusi

Siswa mengembangkan modal sosial mereka secara

signifikan dipengaruhi oleh agama, terutama dalam hal kewirausahaan. Ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, dan kreativitas, serta untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan sosial dan pengembangan TI. Karena kepercayaan sangat penting untuk membangun hubungan, studi

ini juga menekankan pentingnya hal itu untuk bisnis. Modal sosial tiga dimensi terdiri dari pertukaran pengetahuan dan informasi, yang berdampak positif pada modal sosial dan kognitif siswa. Modal sosial struktural berdampak lebih kecil pada

kewirausahaan, tetapi modal sosial relasional dan kognitif berdampak lebih besar pada motivasi dan efikasi diri siswa. Studi tersebut menunjukkan bahwa pemangku kepentingan universitas harus mendorong komunikasi dan interaksi yang efektif antara mahasiswa untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan keterampilan dan perspektif mereka.

Hasil

Penelitian

Keagaman memiliki pengaruh positif terhadap

modal sosial, modal sosial memiliki pengaruh positif terhadap efikasi-diri wirausaha dan motivasi pelajar, dan efikasi-diri memiliki pengaruh positif terhadap motivasi pelajar.

 


0 komentar:

Posting Komentar