Kamis, 03 Oktober 2024

E1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP: Pendekatan Psikologis dalam Menentukan Minat Berwirausaha Mahasiswa

Pendekatan Psikologis dalam Menentukan Minat Berwirausaha Mahasiswa

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

AHMAD SETIAWAN

22310410094


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

OKTOBER/2024


Judul Jurnal

Pendekatan Psikologis dalam Menentukan Minat Berwirausaha Mahasiswa

Topik

Penelitian ini berfokus pada pengaruh faktor psikologis terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha, dengan tujuan menemukan model terbaik dari faktor-faktor psikologis yang dapat dijadikan prediktor minat tersebut.

Sumber

Suasana, I. G. A. K. G., & Warmika, I. G. K. (2023). Pendekatan Psikologis Dalam Menentukan Minat Berwirausaha Mahasiswa. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 7(4), 501–520. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2023.v7.i4.5807

Permasalahan

Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Udayana (Unud). Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor psikologis yang berperan dalam meningkatkan minat berwirausaha di kalangan generasi muda terdidik.

Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh faktor-faktor psikologis terhadap minat berwirausaha mahasiswa dan menemukan model kombinasi faktor psikologis terbaik yang dapat digunakan sebagai prediktor minat berwirausaha.

Isi

Penelitian ini menyoroti pentingnya kewirausahaan dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pembangunan ekonomi. Fokus utama adalah pada faktor-faktor psikologis seperti kebutuhan untuk berprestasi, lokus kontrol internal, toleransi terhadap ambiguitas, dan kecenderungan mengambil risiko yang dinilai mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda untuk menganalisis data. Sampel penelitian terdiri dari 120 mahasiswa FEB Unud yang telah atau sedang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Sampel dipilih melalui purposive sampling, dan data dianalisis dengan menggunakan metode enter dan stepwise.

Hasil

Analisis menunjukkan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Faktor kebutuhan untuk berprestasi dan lokus kontrol internal ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Berdasarkan analisis stepwise, kombinasi terbaik yang menjadi prediktor minat berwirausaha adalah kebutuhan untuk berprestasi, lokus kontrol internal, dan toleransi terhadap ambiguitas.

Diskusi

Penelitian ini menyoroti bahwa mahasiswa yang memiliki kebutuhan berprestasi tinggi dan kontrol diri yang baik cenderung memiliki minat lebih besar untuk berwirausaha. Faktor toleransi terhadap ambiguitas juga memegang peranan penting dalam menghadapi ketidakpastian bisnis. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan motivasi wirausaha yang melibatkan role model sukses, untuk lebih meningkatkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa.

 

0 komentar:

Posting Komentar